Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan unluk menguji apakah variabel-vaIiabel keuangan dan signaling yang disajikan dalam prospektus penawaran saham berpengaruh secara signifikan terhadap penentuan harga pasar saham perusahaan sesudah penawaran umum perdana (IPO). Penelitian ini dilakukan terhadap data sekunder. Populasinya adalah perusahaan go public yang telah tercatat di Bursa Efek Jakarta (BEJ) tahun 1994-1996. Dengan teknik purposif sampling, diperoleh sebanyak 55 perusahaan sebagai anggota sampel. Penelitian ini penting dilakukan, mengingat bahwa studi empiris tentang peranan informasi pada prospektus terhadap penentuan harga pasar saham (return saham) di Indonesia belum banyak di lakukan, dan hasilnya tidak selalu konsisten.

Adapun masalah yang akan diteliti adalah bagaimana pengaruh variabel keuangan dan signaling mempengaruhi penentuan harga pasar saham. Berdasarkan permasalahan dan kerangka pikir itu, peneliti menguji hipotesis. Hipotesis altematif (HA) dirumuskan: 'VaIiabel-variabel keuangan dan signaling baik secara individu maupun secara serentak berpengaruh signifikan dalam menentukan harga pasar saham perusahaan yang melakukan IPO. Uji regresi linier berganda digunakan untuk menguji hipotesis ini dengan bantuan program Micro Statistic. Uji T untuk menguji pengaruh veriabel independen secara individu terhadap variabel dependennya (Ha1 – Ha8), sedangkan Uji F digunakan untuk menguji pengaruh variabel-vaIiabel independen Secara simultan terhadap variabel dependen (HA).

Article Details