FISCAL POLICY DISCLOSURE IN INDONESIAN LOCAL GOVERNMENTS

Johan Arifin, Greg Tower, Stacey Porter

Abstract

Studi ini meneliti tingkat pengungkapan informasi kebijakan fiskal dalam laporan keuangan pemerintah daerah Indonesia. Indonesia adalah sebuah negara berkembang yang baru saja melalukan reformasi keuangan negara secara komprehensif. Teori institusional isomorphic diadopsi sebagai teori yang mendasari studi ini. Hasil studi ini menyatakan bahwa terdapat tingkat pengungkapan informasi kebijakan fiskal yang tinggi dalam laporan keuangan pemerintah daerah yang diukur dengan index ketaatan kebijakan fiskal yaitu 81,2%. Analisis regresi menunjukkan bahwa variabel ‘coercive’ yang diukur dengan jumlah anggota dewan merupakan prediktor terhadap tingkat pengungkapan informasi kebijakan fiskal. Pemerintah daerah yang mempunyai lebih banyak jumlah anggota dewan lebih intensif mengkomunikasikan informasi kebijakan fiskalnya. Selain itu, umur pemerintah daerah dan ketergantungan keuangan juga mempengaruhi tingkat pengungkapan informasi kebijakan fiskal pada pemerintah daerah Indonesia.

Kata kunci: Laporan keuangan, pengungkapan informasi kebijakan fiskal, negara berkembang.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


JURNAL AKUNTANSI DAN AUDITING INDONESIA (JAAI)
ISSN 1410-2420 (print), 2528-6528 (online)
Published by Accounting Department, Faculty of Economics, Islamic University of Indonesia and Supported by IAI-KAPd (Ikatan Akuntan Indonesia - Kompartemen Akuntan Pendidik)

Creative Commons License
JAAI pada http://journal.uii.ac.id/index.php/JAAI/ terlisensi oleh Creative Commons Attribution 4.0 International License.