Karakteristik penentu pembiayaan murabahah pada Bank Tabungan Negara (BTN) Syariah

Heri Susanto, Eka Dewi Sumarmawati, Nur Kholis

Abstract

Penelitian ini menggunakan kuadrat kecil atau ordinary least squares (OLS) dalam upaya untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dan faktor-faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap pembiayaan murabahah di (BTN) Syariah tahun 2010-2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor Non-Performing Financing (NPF), Sertifikat Wadiah Simpanan Bank Indonesia (DPK) dan Margin Gain berpengaruh terhadap pembiayaan murabahah pada periode syariah (BTN) tahun 2010-2015. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari beberapa sumber kegiatan untuk mendapatkan laporan keuangan di (BTN) Syariah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembiayaan bermasalah tidak mempengaruhi pembiayaan murabahah di (BTN) Syariah, Sertifikat Wadiah Bank Indonesia berpengaruh signifikan terhadap pembiayaan murabahah (BTN) Syariah, Deposito Simpanan tidak berpengaruh terhadap pembiayaan murabahah pada (BTN) Syariah, berpengaruh signifikan terhadap Profit Margin murabahah pembiayaan pembiayaan (BTN) Syariah terhadap Rasio Deposito berpengaruh signifikan terhadap pembiayaan murabahah syariah (BTN).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam (JEKI)
ISSN 2088-9968 
Published by: 
Center for Assessment and Development of Islamic Economics (P3EI), Faculty of Economics, Universitas Islam Indonesia, Indonesia.

Creative Commons License
JEKI by http://journal.uii.ac.id/index.php/JEKI/ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.