Main Article Content

Abstract

Kebijakan pertanian pangan belum mengalami perubahan sejak masa orde lama hingga sekarang. Kebijakan pertanian pangan masih diprioritaskan pada swasembada pangan (beras). Akibatnya adalah keswasembadaan tersebut memiliki arti politis karena dilakukan dalam rangka penghematan devisa, pengadaan pangan yang murah, dan mengendalikan inflasi. Kondisi ini memberikan dampak yang kurang menguntungkan bagi petani padi yang menganggap padi merupakan komoditi ekonomi sebagaimana komoditi pertanian lainnya.

Untuk tetap mengembangkan pertanian pangan, kebijakan pertanian pangan tidak dapat terlepas dari kebijakan pertanian secara keseluruhan dan kebijakan makro-ekonomi. Kebijakan makro di negara-negara berkembang terbukti mengurangi net protection yang diperoleh dari kebijakan pertanian (kebijakan langsung), dan terjadi diskriminasi kebijakan terhadap pertanian.

Keywords

kebijakan pertanian tanaman pangan

Article Details

How to Cite
Dewanta, A. S., Hamid, E. S., Priyadi, U., & Wijayanti, D. (2016). Kebijakan Pertanian dan Tanaman Pangan. Economic Journal of Emerging Markets, 2(1), 90–94. https://doi.org/10.20885/ejem.v2i1.4274

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>