Main Article Content

Abstract

IFRS X Purwokerto merupakan salah satu rumah sakit pemerintah sebagai pelayanan publik. Pengelolaan keuangan IFRS X Purwokerto dikelola dengan sistem Badan Layanan Umum. Persentase pasien memiliki dampak terhadap pendapatan rumah sakit. Persentase pasien adalah salah satu pengukuran perspektif pelanggan pada metode balanced scorecard. Desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari dokumen penerimaan rawat jalan pada Desember 2008, dan dari data administrasi rumah sakit. Data kualitatif diperoleh dari wawancara dengan Kepala Departemen Farmasi Rumah Sakit X Purwokerto. Data kuantitatif dianalisis sebagai rata-rata persentase pasien yang dihadapi, dan data kualitatif adalah deskriptif analisis. Hasil menunjukkan rata-rata persentase pasien yang ditemui pada pasien rawat jalan IFRS X Purwokerto adalah 71,84%. Kepala Departemen Farmasi Rumah Sakit X Purwokerto mengatakan untuk mengoptimalkan persentase pasien perlu kerjasama semua segmen, dari stakehoulders (direktur dewan rumah sakit X Purwokerto dan pemerintah), dan perbaikan terus-menerus dari proses internal IFRS X Purwokerto.

Keywords

IFRS X perspektif pelanggan Purwokerto persentase pasien yang dihadapi

Article Details

Most read articles by the same author(s)