Main Article Content

Abstract

Latar belakang
Batu saluran kemih termasuk tiga penyakit terbanyak di bidang urologi dan yang palingbanyak ditemukan adalah ureterolithiasis. Di duga, setiap lokasi batu ureter dapat menimbulkan manifestasi klinis yang berbeda.

Tujuan penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lokasi batu ureter dengan manifestasi yang muncul pada pasien ureterolithiasis di Rumah Sakit Khusus Bedah An Nur (RSKB An Nur) Yogyakarta.

Metode penelitian
Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan metode retrospektif. Data diambil dari rekam medis RSKB An Nur Yogyakarta. Analisis data menggunakan uji Chi-Square dan
uji altematifuya yaitu uji Fisher dan uji Kolmogorov-Smimov.

Hasil
Berdasarkan 40 sampel didapatkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara lokasi batu urt!ter dengan manifestasi klinis berupa nyeri pinggang (p=O; 1 ); nyeri kolik (p=O,l30); nausea (p=0,437); muntah (p=O,l); dan disuria (p=0,393); Terdapat hubungan yang bermakna antara lokasi batu ureter dengan hematuria (p=0,041 ).

Kesimpulan
Terdapat hubungan yang bermakna antara lokasi batu ureter dengan hematuria.

Article Details

How to Cite
I.D., H., T., N., & A, W. (2016). HUBUNGAN LOKASI BATU URETER DENGAN MANIFESTASI KLINIS PADA PASIEN URETEROLITHIASIS DI RSKB AN NUR YOGYAKARTA. JKKI : Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Indonesia, 97–105. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/JKKI/article/view/6725