Main Article Content

Abstract

Asosiasi merek merupakan dasar untuk kualitas pembentukan citra merek dan ekuitas merek. Bagi pemasar, asosiasi merek berguna dalam banyak hal, terutama untuk pengambilan keputusan dan perluasan merek produk¬nya, sedangkan bagi konsumen bisa dijadikan untuk dasar dalam pemilihan merek yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Dengan menggunakan 288 responden di Kotamadia Yogyakarta, penelitian ini mencoba mengidentifikasi asosiasi merek dari handphone merek Nokia, Siemens, dan Sony Erics¬son melalui metode Cochran Q test. Hasil penelitian menunjukkan ada 6 (enam) asosiasi yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan citra dan ekuitas merek Nokia, sementara untuk Siemens dan Sony Ericsson masing-masing sebanyak 4 (empat) dan 10.
Penelitian ini juga memetakan asosiasi masing-masing merek handphone berdasarkan katagori kon¬sumen melalui pendekatan Chi Square test. Hasilnya menunjukkan bahwa kelompok konsumen pria cenderung menyatakan bahwa Nokia dan Sony Ericsson sebagai handphone yang mudah digunakan untuk komunikasi, sedangkan konsumen wanita lebih cenderung menilai Siemens sebagai handphone yang ringan dibawa. Dari sudut pandang pelajar dan mahasiswa Sony Ericsson juga dianggap sebagai produk berkualitas dan mempunyai bentuk yang fashionable.

Kata Kunci: Ekuitas merek, citra merek, asosiasi merek.

Article Details

How to Cite
Albari, A., & Pramudito, A. (2009). Analisis Asosiasi Merek Handphone Nokia, Siemens dan Sony Ericsson Di Kotamadia Yogyakarta. Jurnal Siasat Bisnis, 2(10). Retrieved from https://journal.uii.ac.id/JSB/article/view/987