Main Article Content
Abstract
SekolahTinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita merupakan salah satu lembaga pendidikan yang
sudah berdiri sejak tahun 1968. Selama 41 tahun berdiri lembaga ini telah menghasilkan sekretaris yang
profesional dibidangnya. Belakangan ini mulai dirasakan adanya beberapa masalah seperti misalnya
perumusan strategi bisnis yang kurang didukung oleh analisis data yang handal, pelayanan terhadap
pelanggan, kurang optimalnya penggunaan sumber daya, serta jumlah lulusan yang juga semakin menurun.
Dengan dibukanya Program Studi Komunikasi Bisnis pada tahun 2008 yang secara otomatis akan
mengakibatkan aktivitas lembaga semakin bertambah, maka permasalahan itu perlu dibenahi secepatnya agar
sasaran bisnis tetap dapat tercapai.
Perencanaan strategis SI/TI merupakan aktivitas yang sangat penting bagi sebuah organisasi untuk mencapai
sasaran bisnisnya(Ziyad, 2007) (Titthasiri, 2000). Penelitian ini mencoba untuk menelusuri masalah yang
dihadapi oleh STIKS Tarakanita dan memberikan alternatif pemecahannya. Metodologi yang digunakan
merupakan modifikasi dari metodologi Price Waterhouse dengan masukan dari beberapa metodologi yang lain
seperti Ward & Peppard, Tozer, James Martin, serta Titthasiri. Untuk mempertajam hasil analisis digunakan
tools, seperti: PEST, Matriks Pangsa Pasar, Five forces, Activity Chain, serta Critical Success Factor (CFS’S).
Hasil perencanaan strategis ini dalam bentuk identifikasi kebutuhan SI/TI yang tergambarkan dalam portfolio
aplikasi mendatang. Perencanaan strategis ini diharapkan dapat menjadi jawaban terbaik atas permasalahan
yang dihadapi saat ini.
sudah berdiri sejak tahun 1968. Selama 41 tahun berdiri lembaga ini telah menghasilkan sekretaris yang
profesional dibidangnya. Belakangan ini mulai dirasakan adanya beberapa masalah seperti misalnya
perumusan strategi bisnis yang kurang didukung oleh analisis data yang handal, pelayanan terhadap
pelanggan, kurang optimalnya penggunaan sumber daya, serta jumlah lulusan yang juga semakin menurun.
Dengan dibukanya Program Studi Komunikasi Bisnis pada tahun 2008 yang secara otomatis akan
mengakibatkan aktivitas lembaga semakin bertambah, maka permasalahan itu perlu dibenahi secepatnya agar
sasaran bisnis tetap dapat tercapai.
Perencanaan strategis SI/TI merupakan aktivitas yang sangat penting bagi sebuah organisasi untuk mencapai
sasaran bisnisnya(Ziyad, 2007) (Titthasiri, 2000). Penelitian ini mencoba untuk menelusuri masalah yang
dihadapi oleh STIKS Tarakanita dan memberikan alternatif pemecahannya. Metodologi yang digunakan
merupakan modifikasi dari metodologi Price Waterhouse dengan masukan dari beberapa metodologi yang lain
seperti Ward & Peppard, Tozer, James Martin, serta Titthasiri. Untuk mempertajam hasil analisis digunakan
tools, seperti: PEST, Matriks Pangsa Pasar, Five forces, Activity Chain, serta Critical Success Factor (CFS’S).
Hasil perencanaan strategis ini dalam bentuk identifikasi kebutuhan SI/TI yang tergambarkan dalam portfolio
aplikasi mendatang. Perencanaan strategis ini diharapkan dapat menjadi jawaban terbaik atas permasalahan
yang dihadapi saat ini.