Main Article Content

Abstract

Upaya peningkatan kualitas pelayanan telah
dilakukan secara terus menerus oleh pemerintah. Salah satunya
dengan melakukan evaluasi kinerja. Evaluasi kinerja organisasi
yang telah ada yaitu Indeks Kepuasan Masyarakat. Namun,
evaluasi kinerja tersebut belum bisa menjawab efektifitas
perpindahan informasi antar unit teknis layanan. Padahal dalam
perpindahan informasi seringkali terjadi permasalahan yang
berpotensi mengganggu jalannya kegiatan pelayanan. Seperti,
dokumen hilang, salah tujuan, atau terlambat.
Di dalam penelitian ini diusulkan untuk menghitung
efektifitas layanan dengan pendekatan interoperabilitas antara
unit layanan teknis dalam suatu layanan. Nilai interoperabilitas
layanan didapat dengan menjumlahkan semua nilai
interoperabilitas penghubung dalam suatu layanan. Faktor yang
menyusun interoperabilitas penghubung adalah teknis dan
organisasi. Semakin tinggi nilai yang didapat semakin rendah
kinerja layanan. Dengan mengetahui tingkat interoperabilitas
layanan, dapat diketahui efektifitas layanan publik secara lebih
cepat.

Article Details