Sikap Siswa Reguler Terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus Dan Kecenderungan Bullying Di Kelas Inklusi

Uswatun Hasanah, Ni’matuzahroh Ni’matuzahroh, Yuni Nurhamida

Abstract

Sikap merupakan kecenderungan untuk bertingkahlaku baik positif maupun negatif
terhadap objek yang disikapi. Pada pendidikan inklusi siswa reguler diharapkan menerima
perbedaan yang dimiliki siswa berkebutuhan khusus. Siswa reguler dengan sikap negatif
terhadap siswa berkebutuhan khusus akan memunculkan perilaku meremehkan dan pengucilan
sampai menimbulkan kecenderungan bullying. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan
antara sikap siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus dengan kecenderungan
bullying. Desain penelitian adalah kuantitatif korelasional dengan jumlah 200 subjek siswa
reguler sekolah inklusi tingkat SMP. Skala yang digunakan adalah skala sikap siswa reguler
terhadap siswa berkebutuhan khusus dan skala kecenderungan bullying. Hasil penelitian
menunjukkan adanya hubungan negatif antara sikap siswa siswa reguler terhadap siswa
berkebutuhan khusus dengan kecenderungan bullying yaitu (r= -0.234; p=0.000; p<0.01).
Semakin negatif sikap siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus maka semakin tinggi
kecenderungan perilaku bullying begitupun sebaliknya.

Keywords

bullying, inklusi, siswa sekolah, siswa reguler, siswa berkebutuhan khusus

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times