REPRESENTASI IDENTITAS PEREMPUAN DALAM VIDEO BLOG SEBAGAI BUDAYA ANAK MUDA (STUDI SEMIOTIKA VLOG GITASAV DI YOUTUBE)

Ratna Permata Sari

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi komunikasi di dekade terakhir ini terlihat dari peningkatan jumlah pengguna internet di seluruh dunia. Dibandingkan dengan platform media sosial lain, Youtube menjadi media sosial yang paling populer di kalangan anak muda. Vlog (video blog) buatan Gita Savitri menjadi objek penelitian dalam artikel ini dikarenakan keragaman konten vlog, tidak hanya tentang kuliner, make up dan fashion seperti halnya kebanyakan vlogger wanita, namun juga membahas kehidupan di Jerman, segmen opini yang membahas tentang fenomena yang terjadi saat ini. Artikel ini membahas tentang representasi identitas perempuan dalam vlog serta dikaitkan dengan konsep budaya anak muda. Metode penelitian ini adalah semiotika dengan menganalisis korpus-korpus dalam vlog Gitasav. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ditemukan tiga jenis identitas antara lain identitas budaya, identitas sosial dan identitas pribadi yang lekat dengan budaya anak muda

Keywords

identitas perempuan, vlog, semiotika, budaya anak muda

References

Daftar Pustaka

Widiartanto, Yoga Hastyadi. Pengguna Internet di Indonesia capai 132 juta. www.tekno.kompas.com/read/2016/10/24/15064727/2. 2016 (4 Mei 2017)

Sugiharto, Bintoro Agung. Pengguna Internet di Indonesia Didominasi Anak Muda. www.cnnindonesia.com/teknologi/201610241617. 2016 (4 Mei 2017).

Youtube most popular app for Indonesian smartphones users. www.thejakartapost.com/life/2016/06/17/youtube. 2016 (4 Mei 2017).

www.teen.co.id

Burke, Peter J & Stets, Jan E. Identity Theory. Oxford University Press. www.m.oxfordscholarship.com/mobile/view/10.1093/acprof:oso/9780195388275.001.0001/acprof-9780195388275. (4 Mei 2017). 2012

Aisyah, Siti.Video blog sebagai media representasi diri vlogger di kota Makassar. Program studi ilmu komunikasi FISIP Universitas Hasanuddin Makssar. Skripsi. 2017

Herlina, Mira & Linda Islami. “Hubungan antara trend penggunaan video blog di media sosial dengan kepuasan pada aktualisasi diri remaja. Prosiding Seminar Nasional Komunikasi. 2016

Palinoan, Imanuella Yunike. Dampak Tayangan Vlog di Youtube terhadap gaya hidup Hedonis anak siswa SMA Kristen Sunodia. eJournal Ilmu Komunikasi. 2017

Barker, Chris. Cultural Studies: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Kreasi Wacana. 2008

https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/inspire

Noor, Khalida. Anak Muda dan Budaya Belanja Online ( Studi tentang perilaku Collective Group Buying di Mbakdiskon.com pada kalangan anak muda Yogyakarta). Skripsi. Prodi Sosiologi Universitas Gajah Mada Yogyakarta. http://etd.repository.ugm.ac.id/index.php?mod=penelitian_detail⊂=PenelitianDetail&act=view&typ=html&buku_id=64566 . 2013 (15 Desember 2017)



Journal Contact

AJIE, Directorate of Research and Public Services Universitas Islam Indonesia (DPPM UII)

Jl. Kaliurang Km.14,4 Yogyakarta 55584, Indonesia

Telp/Faks. +62-274-898444 Ekstensi 2503

E-Mail: ajie@uii.ac.id atau ajie.dppm@gmail.com

http://journal.uii.ac.id/index.php/ajie

e-ISSN: 2477- 0574

p-ISSN: 2477-3824

ISSN JIK : 2089-3086

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.