Main Article Content

Abstract

Desa Kebon berupaya mengembangkan dan melestarikan kerajinan Batik dengan meningkatkan kemampuan sumber daya pembatik agar memiliki kemampuan berkarya secara baik dalam membatik.  Dengan kemampuan produksi yang besar batik desa Kebon dairahkan untuk mengembangan saluran pemasaran secara lebih luas.   .

Ada beberapa permasalahan yang dihadapi oleh para pengrajin Batik dan pemerintah desa yaitu belum ada pembinaan yang terpadu untukpembinaan kapasitas SDM, manajemen pengelolaan dan pemasaran.  Belum ada daya dukung teknologi informasi yang dikuasai oleh para pelaku Batik di Desa Kebon..

Beberapa program secara garis besar diarahkan untuk peningkatan kapasitas kelompok pembatik agar turut serta dalam pembelajaran, diantaranya  penyusunan dokumen informasi sebagai basis sebaran informasi, tersusun profil potensi wisata batik desa Kebon, mengembangan sebaran informasi pemasaran melalui web yang lebih khusus. Penyediaan pusat edukasi produk Batik bagi konsumen serta pelestarian motif Batik generasi lama  agar tetap terjaga keberadaannya. dikawatirkan punah.

 

Article Details