BRAND IMAGE DAN LOKASI MEMPENGARUHI TERHADAP MINAT MAHASISWA MASUK KE PERGURUAN TINGGI DAN STATUS EKONOMI (STUDI KASUS PADA MAHASISWA S1 MANAJEMEN STIE MAHAPUTRA RIAU)

Menhard Menhard

Abstract

Kondisi ekonomi sangat diperlukan atau sangat menentukan dalam kelangsungan hidup manusia, apabila kondisi ekonomi yang kurang baik maka akan berdampak terhadap kondisi keluarga maupun status sosial mereka. Indonesia sebagai Negara yang memiliki jumlah penduduk yang sangat besar tentu saja memiliki jumlah manusia yang memiliki produktivitas yang tinggi, dalam mencapai produktivitas yang tinggi, di tuntut adanya pendidikan yang tinggi juga.

          Dalam mencapai tinggkat pendidikan yang tinggi, selalu memiliki kendala dengan kondisi ekonomi atau status ekonomi, apabila status ekonomi yang baik maka mereka dapat melanjutkan pendidikannya ke tingkat pendidikan tinggi, untuk melanjutkan pendidikan tersebut diperlukannya adanya kemauan dari dalam jiwa seseorang untuk melanjutkan pendidikan, akan tetapi dalam memilih pendidikan juga harus di perhatikan diantaranya brand image  atau lokasi dari sebuah perguruan tinggi tersebut.

          Tujuan dari suatu penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap minat mahasiswa masuk ke Perguruan Tinggi Pada Mahasiswa S1 Manajemen STIE Mahaputra Riau, untuk mengetahui pengaruh lokasi terhadap minat mahasiswa masuk ke Perguruan Tinggi Pada Mahasiswa S1 Manajemen STIE Mahaputra Riau, untuk mengetahui pengaruh brand image dan lokasi terhadap minat mahasiswa masuk ke Perguruan Tinggi Pada Mahasiswa S1 Manajemen STIE Mahaputra Riau, untuk mengetahui pengaruh minat mahasiswa terhadap status ekonomi Pada Mahasiswa S1 Manajemen STIE Mahaputra Riau.

       Hasil dari penelitian yang dihasilkan peneliti adalah brand image  berpengaruh terhadap minat mahasiswa masuk ke Perguruan Tinggi Pada Mahasiswa S1 Manajemen STIE Mahaputra Riau, sedangkan lokasi tidak berpengaruh, secara simultan atau bersama-sama  brand image dan lokasi  berpengaruh terhadap minat mahasiswa masuk ke Perguruan Tinggi Pada Mahasiswa S1 Manajemen STIE Mahaputra Riau, dan minat mahasiswa berpengaruh terhadap status ekonomi Pada Mahasiswa S1 Manajemen STIE Mahaputra Riau.

Keywords

Brand Image, Lokasi, Minat Mahasiswa dan Status Ekonomi

References

Anwar Chairul dan Fredi Budiman, 2016. Pengaruh Brand Image, dan Lapangan Pekerjaan Terhadap Keputusan Mahasiswa Untuk Memilih Jurusan Akuntansi Pada Perguruan Tinggi yang Ada Di Bandar Lampung. Jurnal Akuntansi & Keuangan, Volume 7, Nomor 2, September.

Lupiyoadi, dan A. Hamdani. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 2. Salemba Empat, Jakarta.

Setyowati Trias,2015. Analisis Service Quality,Promotion, Cost Study, dan Image Dampaknya Pada Minat Kuliah Di Perguruan Tinggi (Studi Pada Universitas Muhammadiyah Jember). Jurnal Manajemen dan Bisnis, Volume 1, Nomor 2, Desember.

Suciningrum Nike Pratiwi dan Endang Sri Rahayu, 2015. Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Kelas IX Di SMA Pusaka 1 Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Volume 3, Nomor 1, Maret.

Wulandari Ikan Mety, 2013. Pengaruh Brand Image dan Lokasi Terhadap Keputusan Calon Mahasiswa Melanjutkan Studi Di Perguruan Tinggi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XII SMAN Jurusan IPS di Kota Jember). Skripsi, Universitas Jember, Fakultas Ekonomi.



Journal Contact

AJIE, Directorate of Research and Public Services Universitas Islam Indonesia (DPPM UII)

Jl. Kaliurang Km.14,4 Yogyakarta 55584, Indonesia

Telp/Faks. +62-274-898444 Ekstensi 2503

E-Mail: ajie@uii.ac.id atau ajie.dppm@gmail.com

http://journal.uii.ac.id/index.php/ajie

e-ISSN: 2477- 0574

p-ISSN: 2477-3824

ISSN JIK : 2089-3086

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.