PENGARUH SIKAP, NORMA SUBYEKTIF, DAN KONTROL PERILAKU PADA PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL

Nurofik Nurofik

Abstract

Paper ini meneliti keputusan untuk mengungkapkan tanggung jawab sosial perusahaan (TSP) pada tingkat pengambil keputusan individual dengan mengaplikasikan teori perilaku rencanaan. 138 perusaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) diteliti laporan tahunannya untuk periode tahun keuangan 2007 dan 2008. Kuesioner dikirimkan juga ke perusahaan-perusahaan tersebut. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa pengungkapan TSP dipengaruhi oleh niat untuk mengungkapkan TSP dan kontrol perilaku persepsian terhadap pengungkapan TSP. Niat untuk mengungkapan TSP dipengaruhi secara signifikan oleh sikap terhadap pengungkapan TSP, norma subyektif pengungkapan TSP, dan kontrol perilaku persepsian terhadap pengungkapan TSP.

Kata kunci: pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, niat perilaku, sikap terhadap perilaku, norma subyektif, kontrol perilaku persepsian.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


JURNAL AKUNTANSI DAN AUDITING INDONESIA (JAAI)
ISSN 1410-2420 (print), 2528-6528 (online)
Published by Accounting Department, Faculty of Economics, Islamic University of Indonesia and Supported by IAI-KAPd (Ikatan Akuntan Indonesia - Kompartemen Akuntan Pendidik)

Creative Commons License
JAAI pada http://journal.uii.ac.id/index.php/JAAI/ terlisensi oleh Creative Commons Attribution 4.0 International License.