Perspektif fraud diamond theory dalam menjelaskan earnings management non-gaap pada perusahaan terpublikasi di Indonesia

Bese Nur Amaliah(1), Yeni Januarsi(2), Ewing Yufisa Ibrani(3),
(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki faktor-faktor penyebab manajemen laba non GAAP berdasarkan Fraud Diamond Theory (FDT). FDT merupakan teori yang banyak dipakai dalam bidang audit untuk menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya kecurangan dalam perusahaan. Dengan menggunakan indikator-indikator FDT, yaitu tekanan, kesempatan, rasionalisasi dan kemampuan, penelitian ini menyelidiki 42 perusahaan bidang selain bank dan keuangan selama kurun waktu 2010 sampai dengan 2013. Sebagai hasil dari analisis regresi logistik, peneliti menemukan bahwa kesempatan dan kemampuan menjadi faktor penyebab terjadinya manajemen laba non-GAAP. Namun sebaliknya, tekanan dan rasionalisasi mempunyai hasil yang berbeda. Temuan-temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa di Indonesia, faktor kesempatan dan kemampuan perlu mendapat perhatian lebih dari pembuat regulasi untuk mengurangi terjadinya manajemen laba non-GAAP.


Keywords


non-GAAP earnings management, Fraud Diamond Theory, restatement

Full Text:

PDF
: https://doi.org/10.20885/jaai.vol19.iss1.art5

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


JURNAL AKUNTANSI DAN AUDITING INDONESIA (JAAI)
ISSN 1410-2420 (print), 2528-6528 (online)
Published by Accounting Department, Faculty of Economics, Islamic University of Indonesia and Supported by IAI-KAPd (Ikatan Akuntan Indonesia - Kompartemen Akuntan Pendidik)

Creative Commons License
JAAI pada http://journal.uii.ac.id/index.php/JAAI/ terlisensi oleh Creative Commons Attribution 4.0 International License.