"http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd"> Anteseden dan konsekuensi keberhasilan implementasi performance-based budgeting pada pemerintah daerah | Ratmono | Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia

Anteseden dan konsekuensi keberhasilan implementasi performance-based budgeting pada pemerintah daerah

Dwi Ratmono, Rita Suryani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendapatkan bukti empiris tentang anteseden dan konsekuensi keberhasilan penganggaran berbasis kinerja Pemerintah Daerah. Hipotesis penelitian ini adalah kualitas Sumber Daya Manusia, penggunaan teknologi informasi, penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), peran pengawasan intern/ekstern dan penerapan reward and punishment berpengaruh positif terhadap keberhasilan penganggaran berbasis kinerja. Selain itu penelitian ini juga menghipotesiskan bahwa keberhasilan penganggaran berbasis kinerja berpengaruh positif terhadap akuntabilitas kinerja. Sampel penelitian sebanyak 50 SKPD pada Pemerintah Kabupaten Pemalang. Metode analisis yang digunakan adalah SEM-PLS. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa penerapan SPIP, peran pengawasan intern dan ekstern serta penerapan reward and punishment berpengaruh positif terhadap keberhasilan penganggaran berbasis kinerja. Penelitian ini tidak dapat membuktikan adanya pengaruh kualitas sumber daya dan penggunaan teknologi
informasi terhadap keberhasilan penganggaran berbasis kinerja. Hasil pengujian juga membuktikan bahwa keberhasilan penganggaran berbasis kinerja berpengaruh positif terhadap akuntabilitas kinerja. Penelitian ini juga memberikan bukti empiris bahwa penganggaran berbasis kinerja merupakan variabel intervening pada pengaruh SPIP, pengawasan, dan reward reward and punishment pada akuntabilitas.


Keywords


internal control system, internal control/external government, reward and punishment, performance-based budgeting, performance accountability.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.20885/jaai.vol20.iss1.art2

ISSN 1410-2420

JURNAL AKUNTANSI DAN AUDITING INDONESIA (JAAI) is published by Accounting Department, Faculty of Economics, Islamic University of Indonesia and Supported by IAI-KAPd (Ikatan Akuntan Indonesia - Kompartemen Akuntan Pendidik)

Creative Commons License
JAAI pada http://journal.uii.ac.id/index.php/JAAI/ terlisensi oleh Creative Commons Attribution 4.0 International License.