"http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd"> Melihat jauh ke dalam: Dampak kecerdasan spiritual terhadap niat melakukan kecurangan | Urumsah | Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia

Melihat jauh ke dalam: Dampak kecerdasan spiritual terhadap niat melakukan kecurangan

Dekar Urumsah, Aditya Pandu Wicaksono, Adhetra Januar Putra Pratama

Abstract


Kecurangan sedang menjadi isu yang menonjol karena dampak kerugian yang luar biasa. Para pelaku kecurangan tanpa ragu untuk melakukannya dengan mengorbankan moral dan etika. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kecerdasan spiritual dalam niat melakukan kecurangan dan pengaruhnya terhadap moral pemimpin dan budaya organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebar kuesioner ke responden dan diolah dengan alat statistik smart PLS 3. Responden penelitian ini adalah 52 karyawan departemen keuangan perusahaan swasta di Yogyakarta. Temuan penelitian ini adalah kecerdasan spiritual individu bukan merupakan pencegah kecurangan. Temuan lain adalah kecerdasan spiritual mampu untuk mewujudkan budaya organisasi dan moral pemimpin yang baik. Budaya organisasi yang baik mencegah kecurangan di organisasi, tetapi moral pemimpin yang baik tidak menutup kemungkinan untuk melakukan kecurangan. Hasil penelitian ini merekomendasikan orgnaisasi untuk meningkatkan program-program yang meningkatkan moral dan etika.


Keywords


fraud, theory of planned behavior, spiritual intelligence, morality leadership, organization culture

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.20885/jaai.vol20.iss1.art5

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


ISSN 1410-2420

JURNAL AKUNTANSI DAN AUDITING INDONESIA (JAAI) is published by Accounting Department, Faculty of Economics, Islamic University of Indonesia and Supported by IAI-KAPd (Ikatan Akuntan Indonesia - Kompartemen Akuntan Pendidik)

Creative Commons License
JAAI pada http://journal.uii.ac.id/index.php/JAAI/ terlisensi oleh Creative Commons Attribution 4.0 International License.