"http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd"> Pemanfaatan Constructed Wetland Sebagai Bagian Dari Rancangan Lansekap Ruang Publik Yang Berwawasan Ekologis Studi Kasus Houtan Park China | Rito | Jurnal Sains & Teknologi Lingkungan

Pemanfaatan Constructed Wetland Sebagai Bagian Dari Rancangan Lansekap Ruang Publik Yang Berwawasan Ekologis Studi Kasus Houtan Park China

Barito Adi Buldan Rayaganda Rito

Abstract


Kebutuhan akan air bersih merupakan salah satu permasalahan lingkungan yang sering terjadi. Hal ini sejalan dengan kebutuhan akan kualitas lingkungan yang lebih baik, khususnya dalam kasus ruang luar atau lansekap. Lansekap berbasis suasana air merupakan satu bentuk ruang luar yang memiliki keistimewaan sekaligus tantangan, terkait kualitas air dan model pembersihannya. Dari berbagai metode pembersihan air yang ada, Constructed Wetland merupakan suatu bentuk pembersihan kondisi air alamiah dengan meniru wetland alamiah baik dari segi struktur pewadahannya maupun vegetasi – vegetasi yang digunakan.
Paper ini bertujuan untuk mengetahui penerapan upaya pembersihan air secara alami menggunakan metode constructed wetland, dan melihat pemanfaatan metode ini dalam integrasinya dengan rancangan lansekap. Penelitian bersifat kualitatif dengan Metode penelitian deskriptif, melalui studi literature dan kasus di Houtan Park, China.
Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa sebagai pilihan metode pembersihan air secara alamiah, ruang dan suasana yang tercipta dari sistem ini berpotensi untuk dikembangkan menjadi bagian dari konsep rancangan lansekap. Dalam studi kasus di Houtan park, Shanghai, China, constructed wetland tidak hanya dimanfaatkan sebagai sarana pembersihan air, namun menjadi bagian dari area lansekap ruang publik yang dapat dinikmati dan membuat pengunjung lebih dekat dengan alam dan lingkungan yang berkualitas.


Keywords


Constructed Wetland, Lansekap, Houtan Park China

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.20885/jstl.vol9.iss1.art5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.