Main Article Content

Abstract

Dinamika perkembangan teknologi informasi yang terjadi pada era global seperti sekarang ini telah
banyak merubah tata cara berbagai macam organisasi dalam pengelolaannya, baik organisasi yang profitoriented
maupun yang nonprofit-oriented, khususnya organisasi pemerintah. Memberikan pelayanan yang baik
kepada masyarakat luas menjadi salah satu pemicu untuk meningkatkan kinerja dalam system operasi
pemerintah yang bersangkutan. Peningkatan kinerja ini mengarah kepada layanan yang lebih berkualitas, lebih
cepat, dan lebih mudah. Perkembangan di bidang teknologi informasi menjadi fasilitas untuk menerapkan
pengelolaan organisasi pemerintah secara elektronik atau electronic government (e-government).
Secara umum praktik e-government di Indonesia memang belum diposisikan secara strategis atau hanya
sebatas supporting program saja. Di sisi lain membangun sebuah situs pemerintah sudah mulai banyak
dilakukan, sebagai salah satu bentuk dari penerapan konsep e-government, meskipun di Indonesia secara umum
baru memasuki tingkatan interaksi. Satu hal yang perlu diperhatikan dalam penyajian situs adalah konsistensi
informasi, sehingga dapat mengantisipasi munculnya keraguan masyarakat terhadap kredibilitas pemerintah
sebagai penyaji situs. Berbagai masalah masih banyak dihadapi untuk lebih memberdayakan e-government
dengan sebagaimana mestinya. Masalah yang paling berat adalah resistance to change, di mana pihak tertentu
dalam pemerintah masih mempertahankan budaya lama yang cenderung birokratis.
Masalah tersebut tentu harus diatasi sehingga konsep e-government dapat diterapkan dan diberdayakan
untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat luas.
Kata kunci: e-government, situs, sistem operasi pemerintah, efektivitas, efisiensi

Article Details