Main Article Content

Abstract

Supply chain management (SCM) merupakan integrasi proses-proses bisnis kunci dari pengguna akhir
sampai ke pemasok awal yang menyediakan produk, jasa, dan informasi yang memberikan nilai tambah untuk
pelanggan dan pihak-pihak terkait lainnya. Untuk mengimplementasikan SCM, teknologi informasi diperlukan
sebagai salah satu prasyarat.
Dalam kajian ini diidentifikasikan peranan teknologi informasi dalam penerapan SCM. Identifikasi dan
analisis dilakukan pada masing-masing proses bisnis kunci SCM, yang meliputi: manajemen hubungan
pelanggan, manajemen pelayanan pelanggan, manajemen permintaan, pemenuhan pesanan, manajemen aliran
manufaktur, manajemen hubungan pemasok, pengembangan dan komersialisasi produk, dan manajemen
pengembalian (return management).
Hasil kajian menunjukkan bagaimana teknologi informasi memegang peranan penting dalam masingmasing
proses bisnis SCM. Teknologi informasi diperlukan dalam perbaikan kinerja rantai pasok terutama
untuk mengurangi ketidakpastian. Selain itu, dari hasil analisis dapat disimpulkan sejumlah kendala dalam
penerapan teknologi informasi dalam implementasi SCM tersebut.
Kata kunci: teknologi informasi, SCM, proses bisnis, penggerak.

Article Details