Main Article Content

Abstract

Analisis ‘Interaksi Struktur - Gaya Aerodinamika’ dapat dilakukan dengan menggunakan dua cara, yaitu teoritis dan eksperimental. Untuk melakukan eksperimental diperlukan seperangkat instrumen yang dapat menghasilkan data karakteristik struktur yang diuji. Data yang diperoleh digunakan untuk analisis ‘Interaksi Struktur - Gaya Aerodinamika’. Selama ini, data diperoleh dengan menggunakan Fast Fourier Transform (FFT) Analyzer, yang harganya mahal.
Dalam paper ini dikembangkan sistem instrumentasi berbasis Personal Computer (PC) yang dapat menggantikan FFT Analyzer tersebut. Instrumen yang dikembangkan menggunakan sound card sebagai Analog-to-Digital Converter (ADC) dalam sistem akuisisi datanya dan perangkat lunak SpectraLAB yang berfungsi sebagai spectrum analyzer (analisis spektral).
Dengan instrumen yang dikembangkan kemudian dilakukan eksperimen untuk mendapatkan harga kecepatan udara kritis yang menyebabkan terjadinya fenomena ketidakstabilan dinamis struktur (fenomena flutter) pada model sayap 2-D. Hasil eksperimen yang diperoleh divalidasi dengan cara dibandingkan dengan hasil eksperimen yang diperoleh dari FFT Analyzer Standar.
Berdasarkan hasil eksperimen yang telah dilakukan, diperoleh kecepatan flutter (kecepatan udara pada saat terjadi fenomena flutter) pada model sayap sebesar 13.46 m/s. Perbandingan hasil spectrum atau respon spektra antara instrumen yang dikembangkan dengan instrumen standar, menunjukkan kesesuaian yang cukup baik. Perbandingan kecepatan Ketidakstabilan dinamis struktur yang dihasilkan instrumen yang dikembangkan menunjukkan perbedaan sebesar 0.1049% terhadap instrumen standar.
Kata Kunci: Sistem Instrumentas berbasis PC, Interaksi Struktur–Gaya Aerodinamika.

Article Details