Main Article Content

Abstract

Scanner USG merupakan modalitas pencitraan yang sangat populer dan banyak dipakai untuk membantu diagnosa penyakit. Kelebihan modalitas USG dibanding dengan modalitas lainnya seperti CT, MRI maupun Radiogradi X-ray adalah non-invasive, tidak menggunakan radiasi pengion, memiliki kemampuan dalam medeteksi secara real time, serta harganya yang kompetitif. Scanner USG 2-dimensi yang banyak dipakai di rumah sakit memiliki beberapa keterbatasan mengingat bahwa anatomi obyek yang discan adalah 3-dimensi.
Dalam kurun dasawarsa terakhir, peneliti dan perusahaan komersial yang bergerak dalam bidang pencitraan medis lebih banyak memfokuskan penelitiannya dalam mengembangkan sistem yang dapat digunakan untuk rekonstruksi dan visualisasi citra USG 3-dimensi dari data USG. Upaya tersebut telah membuahkan hasil, yakni scanner USG 3-dimensi telah diproduksi secara komersial walaupun dengan harga yang relatif masih mahal. Penelitian dan pengembangan masih terus dilakukan terutama yang terkait dengan sistem akuisisi data, piranti pemroses elektronik dan pengembangan perangkat lunak.
Dalam penelitian ini telah dikembangkan sistem yang dapat digunakan untuk akuisisi, kalibrasi, pemrosesan, rekonstruksi dan visualisasi data USG-3 dimensi. Sistem ini terdiri dari scanner USG 2-dimensi, electromagnetic spatial locator, computer yang dilengkapi dengan frame grabber dan perangkat lunak untuk pemroses, rekonstruksi dan visualisasi data USG-3 dimensi. Hasil awal penelitian disajikan pada bagian akhir dari paper ini.
Kata kunci: ultrasound imaging, 3D ultrasound, calibration, and tracking .

Article Details