Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), 2006

Font Size:  Small  Medium  Large

Aplikasi Simulasi Biaya Operasional Rumah Sakit Umum Daerah di Propinsi Lampung dengan Metode Double Distribution dalam Upaya Membantu Menyiapkan Pola Tarif Pelayanan Rumah Sakit Swadana yang Terjangkau oleh Masyarakat

Agus Suryana

Abstract


Rumah sakit pada dasarnya adalah sebuah unit usaha dimana berbagai macam input berinteraksi atau mengalami sintesa sehingga menghasilkan produk yang disebut pelayanan rumah sakit. Biaya adalah salah satu komponen vital dalam proses unit usaha tersebut. Terwujudnya rumah sakit umum daerah sebagai unit swadana dengan tetap memperhatikan fungsi sosialnya merupakan tujuan program pemerintah dalam bidang pelayanan kesehatan.
Untuk mengatasi permasalahan penetetapan tarif pelayanan rumah sakit umum perlu dilakukan kegiatan analisis biaya untuk mendapatkan informasi real konndisi dan posisi rumah sakit. Double Distribution Method adalah cara membagi biaya dari unit penunjang ke unit produksi. Metode ini dapat digunakan untuk menganalisis biaya operasional rumah sakit sehingga didapatkan gambaran realistis biaya yang diperlukan untuk dijadikan bahan informasi dalam menetapkan besar tarif satuan unit pelayanan suatu rumah sakit.
Kata Kunci: Rumah Sakit Swadana, Simulasi Biaya, Double Distribution Method

Full Text: PDF