Main Article Content

Abstract

Di tengah persaingan usaha yang semakin ketat serta perubahan lingkungan usaha yang semakin cepat dan tidak teramalkan, setiap perusahaan berusaha untuk meningkatkan kemampuan bersaing perusahaan dengan menggunakan berbagai sumber daya yang tersedia. Teknologi Informasi merupakan salah satu sumber daya yang banyak digunakan oleh berbagai perusahaan dan seringkali menjadi tumpuan harapan perusahaan dalam meningkatkan kemampuan bersaing perusahaan.
Salah satu peran teknologi informasi adalah meningkatkan efektivitas operasi perusahaan dengan mengautomatisasi kegiatan perencanaan dan pengendalian manajemen dalam perusahaan. Dalam proses ini, teknologi informasi digunakan untuk membangun Aplikasi Sistem Perencanaan Keuangan Perusahaan yang membantu pengguna dalam kegiatan penyusunan anggaran dan juga kegiatan analisa anggaran. Dengan adanya aplikasi ini proses penyusunan anggaran dapat dilakukan dengan lebih cepat dan kegiatan analisa anggaran dapat dilakukan dengan ketelitian yang lebih baik.
Dalam karya tulis ini diuraikan penggunaan teknologi OLAP dalam sebuah Aplikasi Penyusunan Anggaran dengan kasus perusahaan telekomunikasi dengan uraian utama mengenai konsep pembangunan model dan pengembangan user interface sistem.
Kata Kunci: Aplikasi Penyusunan Anggaran, DSS, OLAP

Article Details