Main Article Content

Abstract

Paper ini difokuskan kepada pengembangan Evaluation Management System (EMS) sebuah kuliah online untuk memperbaiki proses tes online pada lingkungan pembelajaran jarak jauh. Keistimewaan sebuah EMS tes online terdiri dari modul pembangkit kuis secara otomatis, modul penambahan kuis, modul mengedit kuis, modul administrasi dan modul untuk menghasilkan nilai otomatis. Pertanyaan kuis untuk mahasiswa disediakan secara random yang diambil dari sekumpulan pertanyaan yang dibuat oleh dosen. EMS memuat analisa statistik untuk hasil kuis yang disimpan dalam database, modul tersebut menyimpan data pertanyaan, jawaban dan penjelasan kuliah.
System tersebut telah dibangun dengan fasilitas internet dan World Wide Web. System dapat dapat diakses secara langsung oleh dosen dan mahasiswa sehingga mahasiswa dapat melakukan proses pembelajaran, seperti pendaftaran mahasiswa, membaca dan mengambil bahan kuliah, satuan acara perkuliahan, penugasan, peringkat nilai dan tes online.
System ini dibangun dengan menggunakan teknologi PHP dengan database MySql server. Database MySQL server digunakan untuk menyimpan struktur data seperti data informasi user, data kuliah, penugasan, data nilai, kuis setiap pertemuan kuliah.
System ini diupdate oleh seorang administrator dan dosen dengan halaman HTML dan PHP. System ini memudahkan mahasiswa untuk memperolah bahan kuliah dan melakukan pengumpulan tugas dan kuis secara online, memudahkan dosen dalam memberikan penilaian setiap mata kuliah dan nilai keseluruhan secara otomatis.
Kata kunci: Evaluation Management System, Learning Management System, tes online.

Article Details