Main Article Content

Abstract

Steganography adalah suatu ilmu yang mempelajari cara menyembunyikan informasi rahasia di dalam sebuah pesan. Audio steganography merupakan perkembangan ilmu dari steganography. Audio steganography mempunyai kesulitan yang lebih dibandingkan pada steganography pada gambar atau pada video karena pendengaran manusia lebih peka daripada penglihatan manusia, sehingga pada proses penyisipan data harus dibuat sebaik mungkin agar suara yang telah disisipkan data terdengar sama dengan suara sebelum disisipkan data.
Di dalam penelitian ini akan dibandingkan metode parity coding dan metode spread spectrum pada audio steganography. Data yang akan disisipkan berupa teks direpsentasikan dalam bentuk biner, sedangkan data cover adalah sinyal audio yang direkam dalam bentuk .wav.
Hasil pengamatan dari setiap percobaan diketahui bahwa pada metode parity coding nilai SNR pada sinyal audio cover yang berdurasi lebih panjang mempunyai nilai SNR lebih baik, sedangkan pada metode spread spectrum keamanan data lebih terjamin karena menggunakan kode penyebar yang tidak diketahui oleh pihak lain.
Kata kunci: Audio Steganography, Parity Coding, Spread Spectrum, SNR

Article Details