Main Article Content

Abstract

Pada Penelitian ini dibangun sebuah sistem keamanan berbasis MMS. Sistem yang dibangun mengintegrasikan layanan SMS dan MMS yang disediakan oleh operator seluler dengan komputer, kamera web dan sensor infra merah untuk menyediakan sebuah sistem keamanan yang efisien dan praktis. Efisien dalam kebutuhan kapasitas penyimpanan dan praktis dalam pengoperasian.
Untuk pembangunan sistem digunakan tools bantuan seperti Now SMS/MMS Gateway untuk menerima dan mengirimkan SMS/MMS, Active Port Pro untuk pengontrolan sensor infra merah, dan ActiveX VideoGrabber untuk melakukan capture gambar dan dokumentasi video. Metode kuesioner digunakan untuk melakukan pengujian kualitatif terhadap kepraktisan dari sistem yang dibangun.
Pengujian dilakukan dengan membandingkan ukuran rata-rata file dari sistem yang dibangun dengan ukuran file dari sistem CCTV secara umum. Diperoleh kesimpulan bahwa sistem yang dibangun dapat meminimalkan kebutuhan kapasitas penyimpanan. Hasil pengujian kualitatif menunjukkan bahwa 93% responden mengatakan sistem yang dibangun dapat mendukung sistem keamanan utama yang sudah ada dan 100% responden mengatakan sistem praktis dalam pengoperasian.
Kata kunci: CCTV, SMS, MMS, GPRS

Article Details