Main Article Content

Abstract

PT. Alpha Cipta Computindo (ACICO) adalah perusahaan penyedia perangkat keras dan perangkat
lunak teknologi informasi di Indonesia. Saat ini strategi pemasaran PT. Alpha Cipta Computindo terbatas pada
komunikasi tatap muka, telepon, faksimili, dan portfolio perusahaan. Metode-metode tersebut memiliki
kekurangan. E-marketing akan sangat tepat diterapkan untuk mengatasi masalah dalam pemasaran yang
dihadapi oleh PT. Alpha Cipta Computindo. Tujuan penelitian ialah untuk menganalisis proses pemasaran,
permasalahan dan kebutuhan informasi dalam merancang aplikasi e-marketing, dan merancang aplikasi emarketing
yang ditujukan untuk meningkatkan pemasaran PT. Alpha Cipta Computindo. Metode penelitian
terdiri dari metode pengumpulan data, studi pustaka, metode analisis dan metode perancangan. Metode analisis
dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu membentuk peluang pasar, menyusun strategi pemasaran, dan
merancang pengalaman pelanggan. Metode perancangan dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu
membangun hubungan antarmuka dengan pelanggan, merancang program pemasaran, meningkatkan informasi
pelanggan melalui teknologi, dan mengevaluasi program pemasaran. Dari penulisan ini dihasilkan aplikasi emarketing
yang memiliki fasilitas-fasilitas seperti media pemasaran online, penyediaan katalog online, layanan
komunikasi yang interaktif, sarana pelayanan pelanggan, dan pemesanan produk secara online untuk melayani
kebutuhan pelanggan.
Kata kunci: Analisis, Perancangan, Aplikasi E-Marketing

Article Details