Main Article Content
Abstract
Persaingan yang ketat dalam industri pendidikan tinggi menempatkan perguruan tinggi swasta (PTS)
sebagai sebuah institusi yang tidak jauh berbeda dengan organisasi bisnis lainnya, yang membutuhkan strategi
bisnis tertentu untuk dapat bertahan, mewujudkan visi dan misinya dan memberikan layanan yang terbaik bagi
semua pihak. Pendefinisian strategi bisnis pada PTS tidak jauh berbeda dengan pendefinisian strategi bisnis
pada perusahaan umum lainnya, sehingga model atau teknik pendefinisian strategi bisnis pada perusahaan
umum dapat juga diterapkan pada PTS.
Salah satu teknik yang dapat digunakan adalah strategic option generator. Teknik strategic option
generator menggunakan pendekatan berlapis dalam menentukan strategi yang tepat bagi suatu organisasi.
Setiap lapisan mengarahkan pada fokus tertentu sehingga diharapkan strategi yang dihasilkan dapat lebih
sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang dihadapi oleh organisasi. Melalui 4 lapisan yaitu target, thrust,
mode dan direction diharapkan perusahan dapat memahami arahan strateginya serta apa yang harus dilakukan
untuk mendukung strategi tersebut. Faktor lain yang menjadi pertimbangan pada teknik strategic option
generator adalah mempersiapkan dukungan sistem dan teknologi informasi dalam mendukung strategi yang
dihasilkan.
Teknik strategic option generator, dalam makalah ini, dicoba diterapkan sebagai sebuah alat untuk
menyusun strategi bisnis di sebuah PTS, yang untuk kepentingan dan kenyamanan organisasi, disamarkan
menjadi PT. X. Hasilnya diperoleh peta strategi di setiap lapisan yaitu target strategi pada kompetitor,
pendekatan strategi atau thrust yang dipilih adalah differentiation dan alliance (kerjasama), mode yang
diterapkan adalah offensif dan direction atau penggunaan sistem dan teknologi informasi yang mendukung
strategi ditekankan pada use (digunakan secara internal) dan provide (digunakan secara eksternal).
Kata kunci: Strategic Option Generator, strategi bisnis, dukungan sistem dan teknologi informasi, PTS.
sebagai sebuah institusi yang tidak jauh berbeda dengan organisasi bisnis lainnya, yang membutuhkan strategi
bisnis tertentu untuk dapat bertahan, mewujudkan visi dan misinya dan memberikan layanan yang terbaik bagi
semua pihak. Pendefinisian strategi bisnis pada PTS tidak jauh berbeda dengan pendefinisian strategi bisnis
pada perusahaan umum lainnya, sehingga model atau teknik pendefinisian strategi bisnis pada perusahaan
umum dapat juga diterapkan pada PTS.
Salah satu teknik yang dapat digunakan adalah strategic option generator. Teknik strategic option
generator menggunakan pendekatan berlapis dalam menentukan strategi yang tepat bagi suatu organisasi.
Setiap lapisan mengarahkan pada fokus tertentu sehingga diharapkan strategi yang dihasilkan dapat lebih
sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang dihadapi oleh organisasi. Melalui 4 lapisan yaitu target, thrust,
mode dan direction diharapkan perusahan dapat memahami arahan strateginya serta apa yang harus dilakukan
untuk mendukung strategi tersebut. Faktor lain yang menjadi pertimbangan pada teknik strategic option
generator adalah mempersiapkan dukungan sistem dan teknologi informasi dalam mendukung strategi yang
dihasilkan.
Teknik strategic option generator, dalam makalah ini, dicoba diterapkan sebagai sebuah alat untuk
menyusun strategi bisnis di sebuah PTS, yang untuk kepentingan dan kenyamanan organisasi, disamarkan
menjadi PT. X. Hasilnya diperoleh peta strategi di setiap lapisan yaitu target strategi pada kompetitor,
pendekatan strategi atau thrust yang dipilih adalah differentiation dan alliance (kerjasama), mode yang
diterapkan adalah offensif dan direction atau penggunaan sistem dan teknologi informasi yang mendukung
strategi ditekankan pada use (digunakan secara internal) dan provide (digunakan secara eksternal).
Kata kunci: Strategic Option Generator, strategi bisnis, dukungan sistem dan teknologi informasi, PTS.