Main Article Content

Abstract

Implementasi teknologi informasi untuk mendukung Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta dalam mencapai tujuannya sudah merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting. Evaluasi terhadap implementasi teknologi informasi dengan menggunakan Model COBIT Framework sangat berguna baik bagi pengguna, pengembang teknologi informasi maupun para pengelola. Evaluasi terhadap proses teknologi informasi perlu dilakukan agar manajemen Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta dapat melakukan perbaikan-perbaikan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui klasifikasi Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta berdasarkan penerapan teknologi informasi. Tujuan lainnya adalah untuk mengetahui sumbangan penerapan teknologi informasi, serta untuk mengetahui evaluasi penerapan teknologi informasi pada Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta.
Hasil evaluasi dari penelitian yang menggunakan sampel 50 Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta ini
menunjukkan bahwa tingkat maturity Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta sebagian besar sudah cukup baik yaitu di atas skala 3 (defined). Berdasarkan sampel Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta dapat dibagi dalam 3 kelompok tingkat maturity teknologi informasi, yaitu Tingkat maturity ”Rendah” sebanyak 5 PTS, Tingkat maturity “Sedang” sebanyak 38 PTS, Tingkat maturity “Tinggi” sebanyak 7 PTS.

Article Details