Main Article Content

Abstract

Selama ini cara pembelajaran secara face-to-face ternyata memiliki kelemahan. Salah satunya adalah tingkat
penerimaan setiap siswa yang berbeda-beda sehingga ada siswa yang mengerti, kurang mengerti dan bahkan
tidak sama sekali.Dalam hal ini, perangkat ajar berbasis komputer bisa membantu mengatasi permasalahan-
permasalahan ini. Di samping itu, perangkat ajar seperti ini juga dapat meringankan beban para pengajar,
sehingga proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik dan bahan-bahan yang diajarkan bisa dimengerti oleh
siswa. Melalui cara belajar dengan menggunakan komputer, pelajaran bisa disampaikan dalam bentuk
interaktif dan bisa mengilustrasikan sebuah konsep melalui animasi, suara dan demonstrasi yang atraktif.
Aplikasi ini memperbolehkan siswa untuk belajar tanpa batas waktu, seperti misalnya tentang pengenalan
lingkungan dengan menggunakan bahasa inggris untuk anak – anak TK. Sehingga pembuatan perangkat ajar
berbasis multimedia diharapkan dapat mengatasi permasalahan dalam pengajaran serta untuk mempermudah
proses pembelajaran dan membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan khususnya bagi anak – anak
usia dini.
Kata Kunci
Perancangan, Perangkat Ajar, Pengenalan Lingkungan, Multimedia

Article Details