Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah menganalisa dan membangun aplikasi pada smartphone BlackBerry untuk menangani
penerimaan tagihan dalam bentuk e-Statement, membangun aplikasi pada pihak server perusahaan untuk mengirimkan
informasi tagihan, membangun aplikasi pada pihak server third party sebagai perantara antara server perusahaan dengan
smartphone BlackBerry dalam pengiriman tagihan, mengurangi waktu pemrosesan dan pengiriman tagihan serta
mengurangi pemakaian kertas. Metode penelitian yang digunakan ialah metode analisis dan metode perancangan. Metode
analisis meliputi survei atas sistem yang telah ada, melakukan wawancara dan menyebarkan kuesioner, mempelajari
dokumen perusahaaan dan sistem yang telah ada, dan analisis terhadap hasil wawancara dan dokumen perusahaan.
Metode perancangan yang digunakan adalah Object Oriented Analysis Design (OOAD) melalui pendekatan proses
rekayasa perangkat lunak model Waterfall dan menggunakan Unified Modeliing Language (UML), yaitu Use Case
Diagram, Class Diagram, Sequence Diagram, dan State Diagram, serta perancangan ERD. Hasil yang dicapai ialah
sistem pengiriman tagihan yang menggunakan aplikasi mobile e-Statement pada smartphone BlackBerry. Simpulan yang
dicapai ialah penerima tagihan dapat melihat seluruh tagihannya pada satu aplikasi, waktu pengiriman tagihan yang lebih
cepat, menyediakan layanan pengiriman tagihan yang lebih cepat, mengurangi kelalaian pembayaran tagihan,
memberikan kemudahan untuk melakukan complaint atas ketidaksesuaian informasi tagihan.
Kata Kunci : pengiriman, tagihan, e-Statement, BlackBerry, statement

Article Details