Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami
dinamika identitas diri remaja pengguna game online point
blank dengan mengungkap faktor-faktor pembentuk
identitas diri, proses pembentukan identitas diri,
aktualisasi diri serta perasaan subjek pemangku identitas
diri. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan
pendekatan fenomenologi. Hasil temuan penelitian ini
adalah terdapat faktor pembentuk identitas diri pada
subjek yang bersifat intrinsik, yaitu perilaku bermain
point blank sebagai bentuk kompensasi, aktivitas yang
menyenangkan dan upaya pengatasan masalah.
Sementara faktor atau deteminan yang bersifat eksternal
berupa desain gim atau stickiness serta aspek sosial dan
lingkungan. Proses pembentukan identitas diri pada
remaja pengguna point blank melalui tahapan tertentu
diantaranya identity crisis, identity diffusion, kesamaan
nilai dengan model, Identifikasi, proses penguatan
identifikasi, pembentukan identitas diri melalui solidaritas
hingga terbentuknya identitas diri dalam point blank.
Aktualisasi identitas diri ditunjukkan melalui sarana
pendukung yang bersifat dalam jaringan (on line) ataupun
diluar jaringan. Sementara konsekuensi psikologis pada
aspek afeksi pemangku identitas diri tidak hanya
bergantung pada tingkatan pangkat tetapi juga pada
atribusi subjek dalam merekonstruksi perasaan atas
identitas dirinya tersebut.

Article Details