Main Article Content
Abstract
Proses pengelolaan Teknologi Informasi (IT
Governance) yang efektif dapat berdampak pada meningkatnya
potensi keberhasilan proyek dan investasi TI serta alokasi
sumber daya perusahaan. Efektifitas IT Governance dipengaruhi
oleh tingkat kemapanan proses-proses TI yang ada di lingkungan
organisasi yang dapat diukur dengan menggunakan framework
COBIT 4.1. Dalam penelitian ini akan dilakukan identifikasi dan
pengukuran tingkat kemapanan dari delapan proses COBIT di
PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Dari hasil penelitian didapat
bahwa delapan proses tersebut adalah proses Define a Strategic
IT Plan, Define the IT Organization and Relationships, Manage
Project, Ensure continuous service, Ensure systems security,
Manage operations, Manage Changes, dan Monitor and evaluate
IT performance. Nilai rata-rata tingkat kemapanan dari delapan
proses tersebut adalah berada pada level 3 yaitu 3.37. Hal ini
menunjukkan bahwa PT Telekomunikasi Indonesia Tbk berada
pada level 3 yang berarti berada pada fase Define dimana prosesproses
TI telah terdefinisi dengan baik, disosialisasikan kepada
seluruh karyawan dan telah dilaksanakan/ diimplementasikan,
namun proses monitoring terhadap pelakasanaan proses-proses
TI belum terlaksana dengan baik. Beberapa rekomendasi
perbaikan diajukan dalam penelitian ini sebagai saran untuk PT
Telekomunikasi Indonesia Tbk agar dapat meningkatkan tingkat
kemapanan. Rekomendasi perbaikan tersebut diantaranya
peningkatan organisasi, implementasi knowledge management,
penerapan manajemen SOP, Implementasi Automatic
Operational Monitoring & Control, Implementasi Operational
Dashboard, Peningkatan Service Level management,
Pengembangan IT Risk Management & Audit dan IT Project
management.
Governance) yang efektif dapat berdampak pada meningkatnya
potensi keberhasilan proyek dan investasi TI serta alokasi
sumber daya perusahaan. Efektifitas IT Governance dipengaruhi
oleh tingkat kemapanan proses-proses TI yang ada di lingkungan
organisasi yang dapat diukur dengan menggunakan framework
COBIT 4.1. Dalam penelitian ini akan dilakukan identifikasi dan
pengukuran tingkat kemapanan dari delapan proses COBIT di
PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Dari hasil penelitian didapat
bahwa delapan proses tersebut adalah proses Define a Strategic
IT Plan, Define the IT Organization and Relationships, Manage
Project, Ensure continuous service, Ensure systems security,
Manage operations, Manage Changes, dan Monitor and evaluate
IT performance. Nilai rata-rata tingkat kemapanan dari delapan
proses tersebut adalah berada pada level 3 yaitu 3.37. Hal ini
menunjukkan bahwa PT Telekomunikasi Indonesia Tbk berada
pada level 3 yang berarti berada pada fase Define dimana prosesproses
TI telah terdefinisi dengan baik, disosialisasikan kepada
seluruh karyawan dan telah dilaksanakan/ diimplementasikan,
namun proses monitoring terhadap pelakasanaan proses-proses
TI belum terlaksana dengan baik. Beberapa rekomendasi
perbaikan diajukan dalam penelitian ini sebagai saran untuk PT
Telekomunikasi Indonesia Tbk agar dapat meningkatkan tingkat
kemapanan. Rekomendasi perbaikan tersebut diantaranya
peningkatan organisasi, implementasi knowledge management,
penerapan manajemen SOP, Implementasi Automatic
Operational Monitoring & Control, Implementasi Operational
Dashboard, Peningkatan Service Level management,
Pengembangan IT Risk Management & Audit dan IT Project
management.