Main Article Content

Abstract

Tingginya tingkat persaingan antar institusi pendidikan mengakibatkan setiap institusi harus dapat mengelola
institusinya secara profesional, seperti layaknya sebuah perusahaan. Teknologi informasi dan komunikasi
menjadi bagian penting bagi proses pengelolaan tersebut. Salah satu keunggulan tersebut berupa peningkatan
layanan dengan konsep Manajemen Hubungan Pelanggan atau Customer Relationship Management (CRM).
“Pelanggan institusi pendidikan” dalam CRM ini adalah pemakai produk institusi pendidikan (dunia usaha),
pemakai hasil riset yang dilakukan oleh dunia pendidikan (dunia usaha), mahasiswa, peminat/calon mahasiswa,
dan alumni yang memerlukan jasa layanan karir. Sedangkan informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan
menyangkut informasi mahasiswa, peminat/calon mahasiswa, riset, lulusan/alumni dan informasi industri.
Model ini menggambarkan proses akses interaksi “pelanggan” dengan institusi pendidikan dalam mengakses
CRM melalui website dan mobilephone. Model ini dapat memberikan gambaran aplikasi CRM untuk sebuah
institusi pendidikan yang dapat menghasilkan database pelanggan yang kuat (termasuk kelengkapan profil
pelanggan), memberikan analisis layanan dari setiap pelanggan, serta memberikan Interaksi dengan pelanggan
yang lebih targeted dan customized.

Keywords: Model CRM, Institusi Pendidikan, Manajemen Hubungan Pelanggan, Customer Relationship
Management, Layanan Prima

Article Details