"http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd"> Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tenaga Kontrak Melalui Pendekatan Fuzzy Inference System dengan Metode Tsukamoto (Studi Kasus PT. Solo Murni) | Sanjaya | Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI)

Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tenaga Kontrak Melalui Pendekatan Fuzzy Inference System dengan Metode Tsukamoto (Studi Kasus PT. Solo Murni)

Fadhil Indra Sanjaya, Dadang Heksaputra

Abstract


Sumber Daya Manusia atau pegawai sangatlah berpengaruh terhadap proses bisnis dan performa suatu perusahaan. Dalam perekrutan pegawai haruslah dilakukan dengan pertimbangan yang matang, sehingga mampu memberikan keuntungan yang maksimum bagi perusahaan. Pada penelitian ini akan diusulkan suatu pendekatan baru dalam memutuskan penerimaan pegawai kontrak dari pegawai harian lepas pada PT. Solo Murni menggunakan Fuzzy Inference System (FIS) dengan metode Tsukamoto. Metode Tsukamoto dipilih karena paling fleksibel, lebih intuitif, diterima oleh banyak pihak, lebih cocok untuk masukan yang diterima dari manusia bukan mesin. Penilaian pegawai saat ini masih menggunakan teknik penilaian rata-rata dari hasil penilaian bulanan selama periode 6 bulan, sehingga hasil yang didapatkan menjadi kurang akurat dan lekat dengan unsur kesubjektifan. Penggunaan FIS diharapkan mampu menjembatani keterbatasan-keterbatasan pengambilan keputusan konvensional sebelumnya. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah alat bantu bagi perusahaan dalam meningkatkan performa pemilihan pegawai kontrak dari pegawai lepas.

Full Text:

PDF