"http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd"> Deployment Jaringan Sensor Nirkabel Berdasarkan Cakupan Area Sensor Node Menggunakan Algoritma Particle Swarm Optimization | Rubiani | Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI)

Deployment Jaringan Sensor Nirkabel Berdasarkan Cakupan Area Sensor Node Menggunakan Algoritma Particle Swarm Optimization

Hani Rubiani, Sri Mulyatun

Abstract


Deployment merupakan topik penting dalam bidang Wireless Sensor Network (WSN) karena mencerminkan biaya dan kemampuan deteksi WSN. Perangkat deployment adalah masalah mendasar dari pengadaan WSN. Jenis, jumlah dan lokasi perangkat menentukan beberapa sifat intrinsik WSN seperti cakupan area, konektivitas, dan konsumsi energi. Sebuah skema Deployment yang tepat dapat mengurangi kompleksitas masalah dalam WSN seperti perutean, fusi data, komunikasi, dll. Selain itu, dapat memperpanjang umur WSN dengan meminimalkan konsumsi energi. Pada penelitian ini, diajukan sebuah aplikasi sensor node deployment secara otomatis berdasarkan Algoritma Particle Swarm Optimization (PSO) dengan mempertimbangkan konsumsi energi sensor node. Secara khusus tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah rancang bangun aplikasi untuk menempatkan sensor node pada lingkungan secara nyata sehingga kondisi optimal dari penempatan sensor node di suatu gedung tercapai. Luaran yang ditargetkan yaitu terciptanya suatu aplikasi sensor node deployment yang memperhatikan penyebaran node sensor dengan meminimalkan konsumsi energi sehingga dapat memperpanjang masa jaringan sensor nirkabel. Penelitian ini diharapkan dapat memudahkan dalam perancangan dan optimalisasi penempatan sensor node dalam lingkungan khususnya pada suatu gedung, serta dapat mendukung penelitian di bidang pervasive dan mobile computing.

Full Text:

PDF