"http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd"> Lime Identifikasi Tingkat Perhatian Produk Berdasarkan Sinyal EEG Sebagai Neuro Marketing | Pratama | Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI)

Lime Identifikasi Tingkat Perhatian Produk Berdasarkan Sinyal EEG Sebagai Neuro Marketing

Juliyanto Pratama, Esmeralda C. Djamal, Faiza Renaldi

Abstract


Keterlibatan konsumen terhadap suatu produk dapat diartikan sebagai tingkat hubungan personal yang dirasakan sebagai pemahaman akan produk tersebut. Salah satu cara untuk mengetahui ketertarikan suatu produk yaitu dengan neuro marketing yang menggunakan perangkat Elektroensephalogram (EEG). Sinyal EEG menginformasikan kondisi pikiran dan pengaruhnya terhadap rangsangan dari luar. Penelitian ini menggunakan ekstraksi Autoregressive orde 10, 20 dan 30 yang kemudian dilakukan identifikasi menggunakan metode Jaringan Saraf Tiruan (JST) Learning Vector Quantization (LVQ). Untuk melakukan identifikasi telah ditentukan parameter optimal LVQ yaitu, banyaknya iterasi 1000, minimum error sebesar 0.0001, dan learning rate sebesar 0.05. Hasil dari ekstraksi orde 10 menghasilkan akurasi sebesar 55%, orde 20 menghasilkan akurasi sebesar 80%, dan orde 30 menghasilkan akurasi sebesar 75%.

Full Text:

PDF