"http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd"> Pengaruh Gaya Hidup dan Pemanfaatan Teknologi (e-banking) Terhadap Kepemilikan Kartu Kredit Serta Dampaknya pada Sikap Pengguna | Anggraini | Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI)

Pengaruh Gaya Hidup dan Pemanfaatan Teknologi (e-banking) Terhadap Kepemilikan Kartu Kredit Serta Dampaknya pada Sikap Pengguna

Reni Anggraini, Iman Murtono Soenhadji

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kepemilikan kartu kredit serta dampaknya pada sikap pengguna. Penelitian ini dilakukan karena keterkaitan pemanfaatan teknologi (e-banking) dalam penelitian perilaku pengguna kartu kredit sebagai referensi relatif terbatas. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan jumlah pemegang kartu kredit yang diketahui dari sumber data Bank Indonesia (BI) dan Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) Teknik kecukupan sampel menggunakan rumus Slovin dengan pendekatan purposive, didapat 399 responden pemegang kartu kredit yang berhasil dikumpulkan di daerah Jakarta, Depok dan Bogor. Tahap uji data primer tersebut selanjutnya dilakukan uji validitas, reliabilitas dan analisis konfirmatori faktor (CFA) menggunakan KMO-Barlett’s test.  Proses tahap pengujian menggunakan tools SPSS untuk uji deskriptif, validitas reliabilitas dan CFA, untuk  pengujian model penelitian menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup (life style) memberi pengaruh yang cukup kuat pada variabel kepemilikan kartu kredit selain faktor pemanfaatan teknologi (e-banking) yang secara nyata mampu memengaruhi variabel kepemilikan kartu kredit.  Hasil ini menjelaskan bahwa semakin tinggi gaya hidup maka kecenderungan menggunakan kartu kredit semakin kuat, demikian juga dengan pemanfaatan teknologi e-banking yang secara nyata mampu mendukung kenyamanan bagi pengguna kartu kredit.

Full Text:

PDF