Aplikasi Operational Customer Relationship Management Pemasaran Keripik Jamur Bu Sayom

Arfiani Nur Khusna

Abstract

Customer Relationship Management (CRM) adalah sebuah konsep yang membantu perusahaan mengelola semua aspek hubungan pelanggan, termasuk pemasaran, penjualan, purna jual, dan program pelanggan retainment. Tujuan dari pelaksanaan CRM adalah untuk meningkatkan kinerja perusahaan dalam rangka mempertahankan loyalitas pelanggan kepada perusahaan. Saat ini Keripik Jamur Bu Sayom tidak memiliki sistem yang mendukung pemasaran online, pemasaran yang saat ini dilakukan hanya melalui pemasaran offline dan belum adanya upaya pemasaran produk yang lebih jauh dan lebih luas padahal tingkat persaingan pemasaran offline yang tinggi menyebabkan kesulitan dalam memasarkan produk sehingga menyebabkan penjualan produk jamur stagnan dan tidak ada peningkatan penjualan yang signifikan.  Penerapan konsep CRM dilakukan dengan merancang sistem untuk Keripik Jamur Bu Sayom. Konsep CRM yang diterapkan berfokus pada Operasional CRM berbasis website dengan menggunakan aplikasi google map yaitu pelanggan dengan mudah mendapatkan produk keripik jamur dan mendapatkan informasi akurat mengenai tersedianya stok yang tersedia pada masing-masing toko. Sistem ini diuji menggunakan pengujian fungsional secara black-box dan user testing. Berdasarkan pengujian fungsional secara black-box, sistem sudah dapat berjalan dengan baik, dengan ditandai bahwa tiap-tiap fungsi sistem dapat dijalankan tanpa kesalahan. Sedangkan hasil pengujian user testing dari sudut pandang pelanggan cenderung positif, mayoritas berpendapat setuju dalam kemudahan sistem maupun dalam manfaat sistem. Ini menunjukkan bahwa sistem telah mampu menjalankan fungsi utamanya serta memberikan kemudahan dan potensi manfaat bagi pelanggan Keripik Jamur Bu Sayom.

Full Text:

PDF