"http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd"> PENGARUH TAHANAN KAKI MENARA SALURAN TRANSMISI 150 KV TERHADAP TEGANGAN LEBIH TRANSIENT AKIBAT SURJA PETIR DENGAN MENGGUNAKAN ELEKTROMAGNETIC TRANSIENTS PROGRAM (EMTP) (GI KILIRIANJAO – GI MUARO BUNGO ) | - | Prosiding Seminar Nasional Teknoin

PENGARUH TAHANAN KAKI MENARA SALURAN TRANSMISI 150 KV TERHADAP TEGANGAN LEBIH TRANSIENT AKIBAT SURJA PETIR DENGAN MENGGUNAKAN ELEKTROMAGNETIC TRANSIENTS PROGRAM (EMTP) (GI KILIRIANJAO – GI MUARO BUNGO )

Dasman -, Rudy Harman

Abstract


Petir merupakan suatu fenomena alam yang menjadi ancaman terhadap penyaluran daya listrik, khususnya pada Saluran Udara Tegangan Tinggi 150 kV( SUTT 150 kV ) GI Muaro Bungo-Killiranjao, mengingat daerah yang dilalui adalah daerah pegunungan, perbukitan, dan dataran yang mudah disambar petir. Penulisan karya ini meneliti masalah surja petir yang menyambar kawat tanah pada saluran terhadap kondisi peralatan di GI Muaro Bungo-Killiranjao yang berjarak 117,07 km. Proses simulasi dilakukan dengan EMTP (Electromagnetic Transients Program ). Pada hasil penelitian ini didapatkan bahwa pada nilai tahanan kaki menara 3,79 Ω terukur tegangan di trafo yaitu sebesar 140,8 kV, dan pada saat nilai tahanan kaki menara 10,6Ω didapat nilai tegangan pada trafo sebesar 170,95 kV. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin besar tahanan kaki menara akan mengakibatkan tegangan lebih yang semakin besar.


Full Text:

PDF