"http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd"> SIMULASI PENGONTROLAN BATAS MAKSIMUM KERJA MOTOR BERBASIS MIKROKONTROLER | Lestari | Prosiding Seminar Nasional Teknoin

SIMULASI PENGONTROLAN BATAS MAKSIMUM KERJA MOTOR BERBASIS MIKROKONTROLER

M. P. Lestari, H. E. Havitz, A. Sofwan

Abstract


Parameter kerja motor meliputi 3 hal yang diuji dalam penelitian ini, yaitu kecepatan kerja motor, suhu ruang motor dan ketinggian air radiator. Pada rancang bangun alat batas maksimum rpm mesin 117 rpm, suhu mesin dan sensor air radiator pada kendaraan bermotor dengan tiga level ketinggian, bertujuan memberikan batas kecepatan, batas maksimal suhu mesin dan batas minimum cadangan air pada radiator.

Hanya dengan menggunakan sensor rpm sebagai pembaca kecepatan mesin, menggunakan sensor LM35 sebagai pembaca suhu mesin dan sensor minimum untuk membaca air pada radiator, maka alat akan bekerja secara otomatis yang kemudian dikontrol dengan mikrokontroler yang berguna untuk meningkatkan keamanan dalam berkendaraan. Beberapa analisa dari keseluruhan hasil pengujian yaitu analisa dilakukan sebanyak 4 kali pada alat, untuk meguji rpm, suhu, dan air radiator. Maka di dapatkan deviasi pengukuran sebesar 8,225%. Pada paper ini diuraikan tentang simulasi pengontrol batas maksimum kerja motor yang berbasiskan mikrokontroller type AT89S51.

 

Kata kunci : mikrokontroler, sensor LM35, rpm motor, suhu, water level, LCD


Full Text:

PDF