"http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd"> Pengaruh Pelatihan Relaksasi Zikir terhadap Peningkatan Kesejahteraan Subjektif Istri yang Mengalami Infertilitas | Wahyunita | JIP : Jurnal Intervensi Psikologi

Pengaruh Pelatihan Relaksasi Zikir terhadap Peningkatan Kesejahteraan Subjektif Istri yang Mengalami Infertilitas

Dina Wahyunita, Tina Afiatin, RA. Retno Kumolohadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan relaksasi zikir terhadap peningkatan kesejahteraan subjektif istri yang mengalami infertilitas. Pelatihan relaksasi zikir adalah pelatihan yang menggunakan konsep relaksasi zikir dari Maimunah (2011) yang terdiri atas materi infertilitas, materi relaksasi zikir, praktek relaksasi zikir, diskusi pengalaman, dan self monitoring. Subjek dalam penelitian ini adalah empat orang istri yang mengalami infertilitas primer. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala kesejahteraan subjektif, wawancara, dan observasi. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Analisis penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dengan uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pelatihan relaksasi zikir terhadap peningkatan kesejahteraan subjektif pada kelompok penelitian sebelum diberikan pelatihan dan setelah diberikan pelatihan. Analisis kualitatif dilakukan berdasarkan hasil observasi, wawancara, lembar kerja. Hasil penelitian, yaitu semua aspek pada kesejahteraan subjektif menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada istri yang mengalami infertilitas sebelum mendapatkan pelatihan relaksasi zikir dengan setelah mendapatkan pelatihan dengan nilai Z=-1,826, p=0,034 (p<0,05), r=-0,913. Hasil estimasi effect size mengindikasikan bahwa pelatihan relaksasi zikir memiliki a large effect terhadap aspek kepuasan hidup, afek positif, dan afek negatif karena mampu menjelaskan varian kepuasan hidup, varian afek positif, dan varian afek negatif sebesar 83,36%. Kesimpulan penelitian ini adalah kesejahteraan subjektif istri yang mengalami infertilitas lebih tinggi setelah mengikuti pelatihan relaksasi zikir dibandingkan sebelum mengikuti pelatihan. Kesejahteraan subjektif istri infertilitas meningkat setelah mengikuti pelatihan relaksasi zikir. Pelatihan relaksasi zikir dapat meningkatkan aspek kepuasan hidup dan aspek afektif pada istri yang mengalami infertilitas.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol6.iss2.art7


Contact

Program Magister Profesi Psikologi

Universitas Islam Indonesia

Kampus Terpadu UII

Jl. Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta 55584

Telp. (0274) 896146 psw 2106, 2660; fax. (0274) 896147

Email: jip@uii.ac.id

 

 

JIP : Jurnal Intervensi Psikologi
Published by: 
Master of Profesi Psychology, Faculty Psychology and Social Humanity, Islamic University of Indonesia

Creative Commons License
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) at http://journal.uii.ac.id/index.php/Intervensipsikologi/ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Visits