Rancang Bangun Aplikasi Remote untuk Administrasi LAN

Authors

  • Ryan Aniestyo Hermoko
  • Fathul Wahid
  • Mukhammad Andri Setiawan

Abstract

Penggunaan LAN (Local Area Network) sangat diperlukan dalam sebuah ruang lingkup kerja, misalnya di perkantoran. Kebutuhan pertukaran data secara cepat dan simultan dalam jumlah besar adalah salah satu faktor yang menyebabkan pentingnya peran jaringan komputer dalam sebuah ruang lingkup kerja. Tidak jarang dalam sebuah jaringan komputer, suatu sumber daya dipakai secara bersama-sama untuk menghemat biaya dan sumber daya yang terbatas. Untuk itu diperlukan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengontrol komputer dari jarak jauh dalam sebuah LAN, dan mengawasi setiap aktivitas yang dilakukan karyawan di komputernya masing-masing agar tidak terjadi penyalahgunaan komputer dan sumber daya kantor lainnya.

Penelitian ini telah menghasilkan sebuah aplikasi yang membantu administrator jaringan untuk melakukan pengawasan dalam jaringan komputer, diantaranya adalah penghematan waktu dan tenaga. Pengembangan aplikasi ini juga berhasil menyempurnakan kekurangan aplikasi Pengendali PC Jarak Jauh pada LAN.

Penelitian ini mencoba mengembangkan solusi yang lebih mudah dan sederhana dalam melakukan pengawasan yang dilakukan seorang administrator dalam sebuah LAN perkantoran untuk melakukan pengawasan dan pengontrolan terhadap komputer lain yang terdapat di jaringannya.

Downloads

Published

2009-03-06

Issue

Section

Articles