"http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd"> Sistem Pakar Diagnosis ISPA pada Balita dengan Metode Certainty Factor | Pratiwi | Seminar Nasional Informatika Medis (SNIMed)

Sistem Pakar Diagnosis ISPA pada Balita dengan Metode Certainty Factor

Anis Pratiwi, Elyza Gustri Wahyuni

Abstract


Abstract.  Sistem pakar diagnosis ISPA pada balita dengan metode certainty factor adalah sebuah aplikasi yang dibuat untuk membantu tenaga medis dalam mendiagnosa seberapa besar resiko seorang balita terserang penyakit ISPA. Anak pada usia balita memiliki ketahanan tubuh yang masih lemah, sehingga anak tersebut akan mudah terserang suatu penyakit. Polusi yang terjadi disekitar kita dapat menyebabkan semakin bertambahnya resiko ISPA pada balita, karena bakteri dan virus penyebab ISPA bertebaran diudara bebas dan terhirup oleh balita. Virus dan bakteri penyebab ISPA akan masuk dan menempel pada saluran pernafasan yaitu tenggorokan dan hidung. Anak balita yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah umumnya akan mudah terserang bakteri pathogen, bateri tersebut akan melewati sistem pertahanan tubuh sehingga dapat terjadi invasi didaerah saluran pernafasan atas dan sauran pernafasan bawah9. Jenis penyakit ISPA yang biasanya menyerng anak antara lain: nasofaringitis, faringitis, rhinitis, asma, bronkitis, pneumonia, tuberculosis (TBC). Aplikasi sistem pakar diagnosis ISPA pada balita dengan metode certainty factor bertujuan untuk membantu dokter dalam melakukan pemeriksaan dan menekan jumlah pasien yang tidak tertolong karena keterlambatan penanganan yang disebabkan karena tidak selalu tersedia dokter spesialis anak disetiap waktu. Perancangan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan ditampilkan dalam bentuk website. Melalui aplikasi ini, pengguna daat melakukan konsultasi dengan sistem layaknya berkomunikasi dengan seorang pakar unuk mengetahui jenis penyakit yang diderita oleh seorang pasien. Aplikasi ini dapat menampilkan kembali data rekam medis seorang pasien berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter umum.

Keywords: ISPA, Metode Certainty Factor, Nasofaringitis, Faringitis, Rhinitis, Asma, Bronkitis, Pneumonia, Tuberculosis (TBC).

Full Text:

05