Main Article Content

Abstract

Academic anxiety is often experienced by each individual. One of the methods used in lowering academic anxiety is to listen murottal Quran. This study aimed to test the effectiveness of listening murottal Quran in reducing anxiety in students. Respondents were selected using random sampling techniques using the design of experiment one group pretest-posttest. The subject of this research were 21 students of the faculty of Psychology University of Makassar class of 2015. This study uses academic anxiety scale of Isthifha (2011). The results of this study showed that listening to the Quran murottal effective in reducing anxiety in a student's academic. This study provides a new alternative to students who often have academic anxiety by listening murottal Quran.

Keywords: Murottal Quran; Academic Anxiety; Students

Article Details

How to Cite
Idham, A. F., & Ridha, A. A. (2017). Apakah Mendengarkan Murrotal Al-Quran Dapat Menurunkan Kecemasan Akademik Pada Mahasiswa?. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 9(2), 141–154. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol9.iss2.art1

References

  1. Al-Kaheel. A.D. (2013). Pengobatan Qur’ani:Manjurnya Berobat dengan Al-quran.Jakarta: Amzah.
  2. Apriyani, Y. (2015). Pengaruh Terapi Murottal terhadap Konsentrasi Be-lajar Siswa Kelas V SD Muham-madiyah 2 Pontianak. Skripsi. Pro-gram Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Tanjung-pura Pontianak.
  3. Chosiyah, N., Saparwati, M., Novitasari,L. (2013).Pengaruh Senam Otak terhadap Penurunan Kecemasan Mahasiswa Tingkat Akhir S1 Keperawatan Stikes Ngudi Waluyo Ungaran.Karya Ilmiah. STIKES Ngudi Waluyo, Semarang
  4. Dobson, C. (2012). Effects of Academic Anxiety on the Performance of Students with and Without Learning Disablities and How Students can Cope with Anxiety at School. Thesis. Northern Michigan University, Marquette.
  5. El, S.A., & Emara, G. (2013). Gharib Al-Quran: False Accusation and Reality. International Journal of Linguistics. 5(2), 87-97.
  6. Ernawati. (2013). Pengaruh Mendengar-kan Murottal Q.S. Ar-Rahman ter-hadap Pola Tekanan Darah pada Pasien Hipertensi di Rumah Sakit Nur Hidayah Yogyakarta. Karya Tulis Ilmiah. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteram Dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
  7. Hady, N.A., Wahyuni., & Purwaningsih, W. (2012). Perbedaan efektifitas terapi musik klasik dan terapi musik murrotal terhadap perkem-bangan kognitif anak autis di slb autis kota Surakarta. Jurnal STIKES Aisyiyah Surakarta. 9, 2, 72-81.
  8. Handayani, R., Fajarsari, D., Asih, D.R.T., & Rohmah, D.N. (2014). Pengaruh Terapi Murottal Al-Quran untuk Penurunan Nyeri Persalinan dan Kecemasan pada Ibu Bersalin Kala I Fase Aktif. Jurnal Ilmiah Kebidanan. 5(2),1-15.
  9. Hardjono., Andayani, T.R., Karyanta, N.A. (2012) Penurunan Kecemasan Menghadapi Ujian Skripsi melalui Pelatihan Komunikasi Efektif (Studi Eksperimen pada Mahasiswa Tingkat Akhir Prodi Psikologi FKUNS). Jurnal Wacana Psikologi.4(7), 1-17.
  10. Ishtifa, H. (2011). Pengaruh Self Efficiacy dan Kecemasan Akademis terha-dap Self Regulated Learning Ma-hasiswa Fakultas Psikologi Univer sitas Islam Negeri Jakarta.Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah,Jakarta.
  11. Kuhsari, I.H. (2012). Al-Qur’an & Tekanan Jiwa: Diagnosis Problem Kejiwaan Manusia Modern & Solusi Qur’ani dalam Mengatasi & Menyembuh-kannya.Cetakan ke-1. Jakarta: Sadra Press.
  12. Muharomy, L.S. (2012). Hubungan antara Tingkat Kecemasan Komunikasi dan Konsep Diri dengan Kemam-puan Beradaptasi Mahasiswa Baru. Skripsi. Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.
  13. Nasution, L.H., & Rola, F. (2011).Hubungan antara Kecemasan Aka-demik dengan Academic Self Management pada Siswa SMA Kelas X Unggulan. Fakultas Psi-kologi Universitas Sumatera Utara.
  14. Nevid, J.S., Rath,S.A., & Greene, B. (2003). Psikologi Abnormal. Edisi ke-5. Jakarta: Erlangga.
  15. Nugroho, S.H.P. (2014). Pengaruh Men-dengarkan Bacaan Al-Quran terha-dap Penyembuhan Luka Post Sir-kumsisi diBalai Pengobatan Lamo-ngan.Jurnal Surya. 1, 17, 84-92.
  16. Oltmanns, T.F., Emery. R.E. (2013). Psikologi Abnormal. Edisi ke-7.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  17. Prapto, D.A.P., Nashori, F., & Rumiani. (2015). Terapi Tadabbur Al-Qur’an Untuk Mengurangi Kecemasan Menghadapi Persalinan Pertama. Jurnal Intervensi Psikologi, 7(2): 131-142.
  18. Pratiwi, A.P (2009) Hubungan antara Kecemasan Akademis Dengan Self-Regulated Learning pada Siswa Rintisan Sekolah Bertaraf Inter-nasional Di SMANegeri 3 Sura-karta. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro: Semarang.
  19. Rajab, K. (2011). Psikologi Ibadah: Memakmurkan Kerajaan Ilahi di Hati Manusia. Cetakan ke-1. Jakarta: Amzah.
  20. Sanitiara., Nazriati. E., & Firdaus. (2014). Hubungan Kecemasan Akademis dengan Regulasi Diridalam Belajar pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Riau Tahun 2013/2014. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Kedokteran. 1, 2, 1-9.
  21. Santrock, J. (2009). Psikologi Pendidikan. Edisi ke-2.Jakarta: Kencana.
  22. Sari, F. & Sagiran. (2009). Pengaruh Terapi Alquran terhadap Skor Kecemasan dan Respon Fisiologis Sistem Neuromuskular Pada Wanita Hamil. Jurnal Mutiara Medika. 9, 1, 25-32.
  23. Setiawan, E. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kamus versi online/daring (dalam jaringan)(online), (http://kbbi.web.id/cemas, diakses 28 Mei 2016).
  24. Zahrofi, D.N. (2013). Pengaruh Pem-berian Terapi Murottal Al Quran terhadap Tingkat Kecemasan pada Pasien Hemodialisa di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Naskah Publikasi. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Sura-karta.