Penyelesaian Masalah Traveling Salesman Problem dengan Jaringan Saraf Self Organizing

Sukma Puspitorini

Abstract

Traveling Salesman Problem (TSP) pertama kali diperkenalkan oleh Rand pada tahun 1948, reputasi Rand membuat TSP dikenal dengan  baik dan menjadi masalah yang populer. TSP merupakan persoalan yang mempunyai konsep sederhana dan mudah dipahami. Pada TSP, optimasi yang diinginkan agar ditemukan rute perjalanan  terpendek untuk melewati sejumlah kota dengan jalur tertentu sehingga setiap kota hanya terlewati satu kali dan perjalanan diakhiri dengan kembali ke kota semula. Pendekatan dengan menggunakan Jaringan Saraf Kohonen Self Organizing memberikan solusi atau penyelesaian dalam  perhitungan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan sejumlah algoritma lain yang diterapkan pada komputer dalam bentuk program.

Tujuan yang ingin dicapai adalah mengaplikasikan metode kohonen untuk mensimulasikan dan menyelesaikan permasalahan traveling salesman problem untuk mendapatkan rute perjalanan terpendek.

Proses penelitian menggunakan data input berupa jumlah kota, koordinat kota, bobot jaringan dan parameter pelatihan, yang kemudian akan diolah menggunakan Jaringan Saraf Kohonen Self Organizing untuk menentukan rute perjalanan terpendek.

Full Text:

PDF


ISSN: 0854-4743. Diterbitkan oleh Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia.