Main Article Content

Abstract

Tanaman obat herbal yang ada di Indonesia sangat beragam jenisnya. Sebagian besar
tanaman obat herbal dikembangkan sebagai bahan dalam pengobatan alternatif atau tradisional.
Bahkan WHO (World Health Organization) merekomendasikan penggunaan obat tradisional untuk
pemeliharaan kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengobatan penyakit. Untuk meningkatkan
nilai pemanfaatan obat herbal, perlu adanya suatu media sistem informasi yang dapat
mengembangkan wawasan serta pengalaman seseorang terkait obat herbal dan pengobatan tradisional,
seperti sistem informasi berbasis ponsel pintar dengan konsep pembelajaran berbentuk
permainan atau biasa disebut Game-Based Learning agar dapat meningkatkan ketertarikan
terhadap pembelajaran yang telah dimodelkan. Dari kesimpulan tersebut, pada penelitian ini
penulis mengembangkan suatu konsep Digital Game-Based Learning berbasis Android yang
digunakan sebagai media pengenalan obat yang bernama Hallo Herbal. Dalam permainan Hallo
Herbal, pengguna akan diberikan pilihan tanaman obat yang akan diberikan pada Kibo untuk
menyembuhkan keluhannya. Untuk mengetahui tanaman obat yang benar, pemain dapat
membaca Ensiklopedia yang disediakan dalam Hallo Herbal.
Keywords: Tanaman obat, herbal, tradisional, android, game-

Article Details

Author Biography

Titis Rizky Akbar, Universitas Islam Indonesia

Jurusan Teknik Informatika