Main Article Content

Abstract

Abstract—Manajemen yang baik adalah manajemen yang memberikan tingkat efektivitas dan efisiensi yang tinggi baik dari segi alokasi penggunaan waktu maupun ketercapaian tujuan dalam sebuah proses bisnis. Pendistribusian barang melalui media loker masih digunakan di lingkungan kampus Universitas Islam Indonesia. Beragam permasalahan dialami dalam sistem manajemen loker yang ada. Terutama pada konteks waktu barang terdistribusi dari pengirim ke penerima. Secara fungsionalitas, penggunaan loker semacam ini erat kaitannya dengan sistem pemantauan jarak jauh yang biasa dikenal dengan istilah Internet Of Things (IOT). Makalah ini memiliki fokus bahasan terkait beragam metode yang digunakan dalam pengembangan loker cerdas berbasis IOT. Analisis tentang penggunaan sensor dilakukan dalam rangka mengetahui kinerja masing-masing perangkat sensor sehingga solusi terbaik dapat dihasilkan melalui penelitian ini. Raspberry PI, merupakan mini PC yang bertindak sebagai microcontroller dan dilangkapi dengan GPIO(general purpose input/output). Istilah perangkat Raspberry PI tentunya sudah tidak asing dalam pengembangan sistem berbasis IOT sehingga dalam makalah ini ditemukan beberapa penelitian yang membahas kegunaan Raspberry PI dalam berbagai aspek dan terimplementasi  dengan penggunaan ragam sensor. Metode pengembagan sistem dilakukan dengan desain penelitian yaitu; 1) Anaisis Kebutuhan yang dilakukan dengan wawancara dan observasi 2) Studi Literatur 3)Perancangan Prototype 4) Pembuatan Prototype  5) Pengujian usabilitas serta pengujian validitas hasil. Dari penelitian yang sudah dilakukan, didapatkan hasil perancangan desain prototype manajemen loker menggunakan Raspberry PI didukung dengan sensor berat HX711 dengan mode pengiriman data monitor melalui WhatsApp.

Keywords

Smart Locker Management Logistic Raspbery PI IOT

Article Details

References

  1. R. F. S. Khiky Phuspita Sary, “No Title.” [Online]. Available: https://www.idpengertian.com/pengertian-manajemen-menurutahli/#George_R_Terry. [Accessed: 11-Jul-2019].
  2. L. Ahmad and Munawir, “Sistem informasi manajemen,” SIstem Informasi Manajemen. p. 109, 2018.
  3. I. Parwati and P. Andrianto, “Metode Supply Chain Management Untuk Menganalisis Bullwhip Effect Guna Meningkatkan Efektivitas Sistem Distribusi Produk,” J. Teknol., vol. 2, pp. 47–52, 2009.
  4. V. S. Arumuga Perumal, K. Baskaran, and S. K. Rai, “Implementation of effective and low-cost Building Monitoring System(BMS) using
  5. raspberry PI,” Energy Procedia, vol. 143, pp. 179–185, 2017.
  6. H. Kim and S. W. Han, “An efficient sensor deployment scheme for large-scale wireless sensor networks,” IEEE Commun. Lett., vol. 19, no. 1, pp. 98–101, 2015.
  7. N. T. Van, S. J. Lee, C. W. Lee, K. H. Eom, and K. K. Jung, “An implementation of laundry management system based on RFID hanger and wireless sensor network,” ICUFN 2012 - 4th Int. Conf. Ubiquitous Futur. Networks, Final Progr., pp. 490–493, 2012.
  8. A. J. C. Trappey, C. V. Trappey, C. Y. Fan, A. P. T. Hsu, X. K. Li, and I. J. Y. Lee, “IoT patent roadmap for smart logistic service provision in the context of Industry 4.0,” J. Chinese Inst. Eng. Trans. Chinese Inst. Eng. A/Chung-kuo K. Ch’eng Hsuch K’an, 2017.