Main Article Content

Abstract

Abstract—Penyampaian data di Indonesia masih belum informatif dan sukar dipahami oleh kebanyakan orang. Data yang ada disajikan hanya dalam bentuk tabel dimana hanya beberapa pihak yang mengerti dan memahami data tersebut. Belum adanya sistem informasi yang menyajikan data lebih mudah dipahami menjadi salah satu kendala dalam penyampaian informasi. Terutama data mengenai tingkat kesetaraan gender di Indonesia yang masih sulit ditemukan jika tidak ditelusuri lebih dalam. Hal ini akan berdampak pada program kebijakan pemerintah yang akan dikeluarkan. Oleh karenyanya dibutuhkan sebuah sistem yang dapat menyampaikan informasi mengenai tingkat kesetaraan gender di Indonesia. Makalah ini akan membahas mengenai sistem informasi geografis pemetaan untuk melihat tingkat kesetaraan gender di Indonesia menggunakan metode k-medoids. Hasil dari penelitian ini dari sisi masyarakat adalah dapat melihat daerah-daerah di Indonesia dengan tingkat kesetaraan gendernya, dan dari sisi pemerintah atau instansi terkait adalah dapat memantau tingkat kesetaraan gender di Indonesia dan mengeluarkan program kebijakan agar tepat sasaran.

Keywords

Sistem Informasi Geografis Pemetaan Kesetaraan Gender K-Medoids

Article Details

References

  1. H. Puspitawati, “KONSEP, TEORI DAN ANALISIS GENDER,” p. 13, 2013.
  2. A. Irwan, Seks, Gender dan Reproduksi Kekuasaan. Jogjakarta, 2001.
  3. USAID, “USAID Gender Equality and Female Empowerment Policy,” p. 28, 2012.
  4. World Economic Forum, The global gender gap report 2018. 2018.
  5. Arkaniyati, “Kesetaraan dan keadilan gender dalam usahatani bawang merah, desa sidakaton, kecamatan dukuhturi, kabupaten tegal, provinsi jawa tengah,” 2012.
  6. G. Prayoga, “Kesetaraan gender perawat laki-laki dan perawat perempuan dalam pelayanan kesehatan,” 2009.
  7. S. A. Mardiyah, “Kesetaraan Gender Dan Dampaknya Bagi Perilaku Sosial Anak Di Pusat Pendidikan Dan Pengasuhan Anak Usia Dini Warna-Warni Yogyakarta,” 2016.
  8. Al Rafni, “Kesetaraan Gender Dalam Politik: Pembinaan Kader Perempuan Oleh Partai Politik, Upaya Menuju Penguatan Kapasitas Legislatif Daerah,” 2012.
  9. P. Burrough and R. McDonnell, Principle of Geographic Information Systems. 1998.
  10. X. Jin and J. Han, “K-Medoids Clustering,” in Encyclopedia of Machine Learning, C. Sammut and G. I. Webb, Eds. Boston, MA: Springer US, 2010, pp. 564–565.